Tanggapi Insiden Brutal Marquez, Pengamat MotoGP : Dia Itu Kesurupan!

Primaberita.com – Aksi ugal-ugalan Marc Marquez di GP Argentina akhir pekan kemarin masih terus menuai pro dan kontra. Berbagai kritik pedas di alamatkan kepada pembalap asal Spanyol tersebut termasuk komentar dari salah satu pengamat MotoGP Carlo Pernat.

Menurut Pernat, apa yang dilakukan Marquez tak bisa di pahami dan tak bisa di terima dalam olahraga yang menjunjung tinggi sportifitas. Pasalnya, ia dinilai membahayakan rider lain tanpa memikirkan konsekuensi terhadap rider itu sendiri.

“Marquez kesurupan, Anda tidak bisa memahami apa yang dia coba lakukan. Dia menyenggol Aleix Espargaro dan hanya turun satu posisi. Kemudian ‘pemanisnya’ adalah manuver gila dan tidak benar pada Rossi, dan jelas membahayakan dan merugikan,” ujar Pernat.

Lebih jauh Pernat juga memprotes keputusan Race Director yang hanya memberi hukuman berupa pemangkasan waktu 30 detik saja. Pernat menegaskan hal itu tidak fair karena sejatinya apa yang dilakukan Marquez jelas merugikan Rossi sendiri.

“ Mereka menghukum Marquez dengan penalti 30 detik, tapi siapa yang memberi poin kepada Valentino?. Benar-benar sebuah kelakuan yang memalukan. Sekarang Marc dimusuhi semua orang dan mereka takut disenggol olehnya.” lanjut Pernat.

Adapun Pernat meminta pihak MotoGP untuk mengkaji hal ini lebih dalam agar Marquez tak melakukan aksi ugalan-ugalan lagi di kemudian hari. Secara detail, Pernat meminta jika Marquez di diskualifikasi agar tidak menjadi contoh buruk di sisa kompetisi.

“ Dia tidak bisa melakukan segalanya yang dia sukai. Dorna seharusnya mendiskualifikasi dia untuk satu balapan dan kalau tidak, kejadian ini akan terus membayangi sisa kompetisi musim ini,” tambah Pernat lagi.

“Saya ingat ketika Capirossi didiskualifikasi dari balapan Barcelona setelah insiden dengan Lucchi di Mugello. Tapi kejadian di Rio Hondo lebih buruk. Marc seharusnya merenung, tidak bisa sesuka dia, karena ini salah,” tutup Pernat.

Add a Comment