Arab Saudi Akan Buka Bioskop Pertamanya Pada 18 April Mendatang

Primaberita.com –  Setelah beberapa dekade lamanya, Arab Saudi akhirnya akan membuka bioskop pada 18 April mendatang di ibu kota Riyadh.

Sebanyak 40 bioskop akan dibuka di Arab Saudi dalam kurun waktu lima tahun kedepan. Bioskop tersebut akan disebar di 15 kota. Sebenarnya pada tahun 1970, Arab Saudi sudah memiliki bioskop, namun ulama kuatnya berhasil memaksa mereka menutup tempat tersebut.

Kembali dibukanya bioskop merupakan suatu langkah modernisasi yang dilakukan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Ia berkomitmen agar Arab Saudi tak hanya bergantung kepada minyak, dan langkah ini tentu saja menuai pro dan kontra di dalam negeri.

Bioskop itu terletak di Distrik Bisnis King Abdullah, tepatnya di sebuah bangunan yang awalnya hendak dipergunakan untuk tempat konser. Studio utamanya. kata Kepala Eksekutif AMC Adam Aron, berisi 500 sofa kulit. Akan ada pula balkon dan ruang orkestra.

Kamar mandinya pun dibuat mewah: berlantai marmer. Baru ada satu studio hingga saat ini, dan tiga ruangan lain akan ditambahkan pada pertengahan musim panas mendatang.

“Kami pikir itu akan menjadi bioskop terindah di dunia. Bangunannya saja dramatis,” ujar Aron dalam sebuah wawancara baru-baru ini, yang dikutip Reuters.

 

 

 

Add a Comment