Lifestyle

Ini 3 Minyak Alami Yang Bisa Perbaiki Rambut Rusak

Primaberita.com – Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Maka tak heran wanita akan rela melakukan perawatan apapun demi menghindari rambut rusak. Sama halnya dengan kulit wajah keindahan rambut juga tidak bisa didapatkan secara instan. Jika malas merawat maka rambut akan menjadi kusam dan mudah rontok.

Jika rambut sudah terlanjur kusut dan rusak, kamu masih bisa memperbaikinya dengan cara perawatan yang benar dan rutin. Ada beberapa minyak alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengembalikan kesehatan rambut. Berikut daftar minyak yang dapat kamu gunakan.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan rambut serta membuat rambut terasa lembut dan mengembang alami. Cara menggunakannya juga mudah, oleskan minyak zaitu secara merata pada setiap helaian rambut dan biarkan selama beberapa menit setelah itu bilas rambut sampai bersih atau kamu juga dapat mencucinya dengan shampoo. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali dalam seminggu agar kerusakan rambut segera teratasi.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang seperti asam laurat, struktur molekul minyak kelapa tidak lebih dari sekedar mantel. Minyak kelapa dapat menyerap ke setiap helaian rambut sehingga dapat melindungi dari zat-zat yang akan merusak rambut.

Selain itu minyak kelapa juga dapat  mencegah rambut kehilangan protein. Sifat antifungal pada minyak kelapa sangat ampuh untuk mencegah ketombe dan sifat antimikroba juga sangat ampuh untuk membunuh kutu rambut.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk memperbaiki kerusakan rambut adalah, hangatkan minyak kelapa, setelah itu oleskan pada rambut secara merata dan biarkan selama 30 menit atau lebih tergantung tingkat kerusakan dan ketebalan rambut. Setelah itu cuci rambut sampai bersih. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali seminggu agar didapatkan hasil yang maksimal.

3. Minyak Alpukat

Minyak alpukat diekstrak dari buah alpukat, yang menawarkan beberapa sifat alami yang khas. Minyak ini lebih ringan dibanding minyak lain, sehingga mudah menyerap ke dalam rambut dan tidak meninggalkan sisa minyak.

Minyak alpukat kaya akan vitamin A, B, D, dan E yang menjaga kelembapan rambut, membersihkan kulit kepala dari kotoran, memperbaiki kerusakan folikel rambut, dan membuat rambut lebih bercahaya.

Alpukat juga sumber asam amino, yang berfungsi sebagai keratin, untuk membuat rambut bercahaya. Asam folat dalam alpukat bekerja sebagai SPF alami untuk rambut dan mendorong regenerasi folikel rambut baru.

Cara menggunakannya untuk merawat rambut yang rusak adalah masukkan 3 sendok minyak kelapa kedalam panci dan biarkan sampai mendidih, kemudian tambahkan minyak zaitun dan madu, biarkan sampai hangat dan matikan kompor. Tunggu hingga hangat kuku dan aplikasikan pada rambut, dan biarkan selama 10 menit dan tutup dengan shower cap. Setelah itu bilas hingga bersih. lakukan perawatan ini secara rutin.

 

Tinggalkan Balasan