4 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

Primaberita – Gigi merupakan salah satu organ penting manusia yang berfungsi untuk memotong dan menghancurkan makanan sehingga dapat dicerna dan ditelan dengan baik. Kesehatan Gigi yang buruk akan mengganggu saat proses makan dan itu tentu akan mengganggu pencernaan.

Gigi sama seperti bagian tubuh lainnya, jika tidak dirawat dan diperhatikan maka gigi akan rusak atau bolong. Gigi merupakan salah satu organ yang paling sensitif dan mudah rusak. Bahkan, gigi adalah satu-satunya organ tubuh yang tidak bisa memperbaiki kerusakannya secara alami. Itulah sebabnya Anda harus melakukan perawatan ekstra agar gigi tidak mengalami kerusakan serius.

Merawat gigi tidak hanya dengan rutin menyikat gigi saja. Namun ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak gigi. jauhi kebiasaan-kebiasaan tersebut agar gigi selalu sehat.

1. Mengunyah Es Batu

Kebiasaan mengunyah es batu dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan gigi. Suhu es batu yang dingin dan teksturnya yang keras dapat mengikis jaringan lunak dalam gigi. Selain itu kebiasaan mengunyah es dapat mengikis gigi Anda, merusak gusi, dan menghancurkan tambalan yang sudah ada. Dan anda juga mungkin akan mengalami nyeri pada otot-otot rahang atau gangguan pada sendi rahang.

2. Sering Mengkonsumsi Makanan/Minuman Panas Dan Dingin

Suhu makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin dapat berefek buruk bagi kesehatan gigi. Suhu makanan atau minuman yang terlalu panas dang dingin dapat mengikis lapisan email pada gigi sehingga menyebabkan terjadinya abrasi. Efek samping ketika abrasi gigi sudah terjadi adalah gigi menjadi sensitive.

3. Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan

Sebaiknya tunggu 30 menit setelah makan, baru mulai sikat gigi. Jangan langsung menyikat gigi setelah makan. Karena ini akan membung bakteri baik. Sesaat setelah makan bakteri baik pada gigi akan bekerja untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi. Jika kita langsung sikat gigi setelah makan maka bakteri tersebut akan terbuang.

4. Kurangi Makanan Atau Minumam Asam

Sebaiknya kurangi makanan atau minuman yang bersifat asam, seperti kafein, bahkan jeruk. Karena makanan asam dapat membunuh bakteri baik di mulut dan hal ini dapat memicu terjadinya radang gusi. Segeralah berkumur dengan air putih setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam.

Add a Comment