Primaberita.com – Setiap orang sangat tidak suka dan akan membasmi serangga seperti kecoa, nyamuk, lalat, semut yang berada di dalam rumah. Pasalnya begitu mereka bersarang di dalam rumah, akan sulit untuk menyingkirkannya.

Rumah yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya menjadi pemicu utamanya datangnya binatang-binatang pengganggu. Oleh sebab itu rajin-rajinlah membersihkan rumah agar tidak menjadi sarang hama. Berikut cara ampuh mengusir hama dari rumah.

1. Mengusir Semut

Semut merupakan salah satu hama yang mengganggu di rumah. Makanan-makanan manis ataupun gula menjadi sarang berkumpulnya semut. Ada cara alami yang lebih aman yang dapat kamu lakukan untuk mengusir semut agar tidak datang lagi. Caranya adalah peras satu buah jeruk lemon dan campurkan dengan air letakkan ke wadah semprotan. dan semprotkan campuran air tersebut ke daerah yang bersemut. Cairan ini juga dapat kamu gunakan untuk mencegah semut kembali lagi dengan cara menyemprotkan ke bagian-bagian yang sering dilalui semut.

2. Mengusir Kecoa

Untuk mengusir kecoa, kamu bisa gunakan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih dan merica. Blender semua bahan hingga halus, kemudian larutkan dengan air seperlunya. Semprotkan larutan tersebut pada sarang kecoa atau pada tempat-tempat yang disukai kecoa. Kecoa akan pergi jauh-jauh karena tidak tahan dengan aroma menyengat dari ketiga bumbu dapur tersebut.

3. Mengusir Tikus

Untuk mengusir tikus kamu dapat mengoleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka bau mint.

4. Mengusir Lalat

Untuk mengusir lalat kamu dapat memanfaatkan cengkeh, karena lalat tidak menyukai bau cengkeh. Caranya juga cukup sederhana yaitu rendam cengkeh dalam sebuah wadah, dan letakkan wadah tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Selain cengkeh kamu juga dapat memanfaatkan daun pandan. Caranya iris tipis-tipis daun pandan dan letakkan dalam sebuah wadah, kemudian letakkan wadah tersebut pada tempat yang banyak dihinggapi lalat.

5. Mengusir Nyamuk

Nyamuk merupakan hewan yang paling mengganggu, nyamuk juga dapat membahayakan kesehatan. Karena gigitan nyamuk dapat berakibat demam berdarah bagi korbannya. Banyak orang menggunakan obat nyamuk, atau lotion nyamuk untuk mengusir nyamuk. Namun ada cara alami yang lebih aman untuk mengusir nyamuk. Kamu dapat gunakan bunga lavender, caranya letakkan bunga lavender di sudut-sudut ruangan yang banyak dihinggapi nyamuk. Jika idak ada bunga lavender kamu dapat menggantinya dengan bubuk merica atau kopi.

Selain mengusir nyamuk kamu juga harus menghentikan pertumbuhan nyamuk yaitu dengan membasmi jentik-jentik. Buang air yang tergenang disekitaran rumahmu agar tidak menjadi tempat perkembang biakan jentik-jentik. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan daun sirih untuk membasmi jentik-jentik. Caranya adalah letakkan beberapa lembar daun sirih ke dalam tempat yang terdapat jentik-jentik. Atau masukkan 3 atau 4 lembar daun sirih ke dalam bak mandi agar tidak menjadi sarang jentik-jentik.

6. Mengusir Kutu Kasur

Kutu kasur tentu saja sangat mengganggu kesehatan karena ia mengganggu waktu istirahat kita. Cara mengusir kutu kasur juga sangat mudah yaitu blender halus bawang putih dan tambahkan dengan air. Letakkan ke dalam semprotan dan semprotkan ke kasur yang ada kutunya. Kutu kasur sangat membenci bau bawang. Selain itu kamu juga harus rutin membersihkan tempat tidur agar tidak menjadi rumah bagi kutu kasur.

7. Mengusir Rayap

Rayap merupakan salah satu masalah yang kerap dijumpai pada rumah-rumah atau furnitur berbahan kayu. Selain menjengkelkan, keberadaan rayap juga membuat material rumah dan perabot berbahan kayu jadi tidak tahan lama. Kamu dapat memanfaatkan air kapur sirih untuk membasmi rayap. rayap tidak menyukai air kapur sirih karena memiliki sifat yang panas bagi tubuh mereka. Maka dari itu, siramkanlah air kapur sirih ini ke tempat di mana rayap berada. Air ini juga dapat dimasukan ke wadah semprotan sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam mengusirnya.

Cara lain untuk membasmi rayap adalah dengan larutan garam. Larutkan semangkuk garam dengan setengah liter air. Masukkan larutan tersebut ke botol spray dan semprotkan pada tempat yang banyak dihinggapi raya. Maka rayap akan mati seketika.