Home / Health / 4 Obat Alami Yang Ampuh Mengatasai Asam Urat

4 Obat Alami Yang Ampuh Mengatasai Asam Urat

Primaberita.com –  Penyakit asam urat merupakan penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit yang tiba-tiba datang pada sendi tubuh. Jempol kaki merupakan bagian yang paling sering terkena asam urat, tetapi penyakit ini juga dapat memengaruhi sendi lain di kaki, seperti lutut, pergelangan kaki, atau di pergelangan tangan dan siku.

Penyakit ini biasanya terjadi pada usia 30-50 tahun pada laki-laki dan pada masa setelah monopause pada perempuan. Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat.  Seseorang yang suka mengkonsumsi jeroan, daging atau minuman beralkohol rentan terhadap penyakit ini.

Kebanyakan orang saat ini yang menderita penyakit asam urat akan lebih mencari solusi sebagai obat asam urat dengan jenis obat tradisional karena dianggap jauh lebih mudah untuk ditemukan dan sangat aman untuk dikonsumsi. Karena jika Anda hanya bergantung pada berbagai obat yang dijual di apotek maka Anda bisa ketergantungan dan akan kurang baik bagi ginjal Anda. Berikut daftar obat asam urat alami yang dapat kamu konsumsi tanpa harus khawatir akan efek sampingnya.

Baca:  5 Bahan Alami Yang Ampuh Mengatasi Kulit Belang

1. Jahe

Sifat anti peradangan yang dimiliki oleh jahe sangat efektif untuk mengobati asam urat. Zat anti peradangan yang dimaksud adalah gingerols dan shogaol. Kamu dapat mengkonsumsi wedang jahe atau menambahkan jahe pada makanan kamu untuk mengobati asam urat kamu.

2. Cherry

Buah cherry memiliki kandungan berupa magnesium, dimana bisa dipakai untuk mengobati penyakit asam urat. Selain bisa digunakan dalam meredakan nyeri, kandungan berupa potasium di buah cherry bisa mencegah adanya peradangan atau juga inflamasi.  Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 pasien asam urat yang mengkonsumsi buah cherry mengalami sakit yang lebih sedikit dibanding dengan pasien yang tidak mengkonsumsi buah cherry. Bagi penderita sama urat sebaiknya konsumsi 15-20 cherry per hari.

Baca:  Ladies, Ini Dia 4 Buah-Buahan Yang Bisa Bikin Kamu Cantik Dan Sehat

3. Daun Seledri

Daun seledri biasanya hanya digunakan sebagai pelengkap masakan, namun ternyata daun seledri juga ampuh untuk mengobati asam urat. Caranya adalah ambil 3 gram daun seledri dan rebus dengan air sebanyak 100 cc dan biarkan sampai mendidih. Kemudian saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga dapat diminum. Kamu daoat meminumnya secara rutin yaitu sebanyak satu kali dalam sehari.

4. Apel

Apel termasuk golongan makanan yang memiliki purin rendah, dan penderita asam urat sebaiknya mengkonsumsi makanan yang rendah purin. Buah apel dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri serta dapat mencegah asam urat timbul kembali. Sebaiknya konsumsi 2-4 buah apel setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

One comment

  1. bisa di coba resepnya , sangat membantu infonya , terima kasih

Tinggalkan Balasan