Kesehatan Travel

5 Trik Mudah Mengatasi Mabuk Laut Saat Travelling

Primaberita.com – Saat traveling, kita tidak hanya harus melewati jalur darat atau udara. Terutama di Indonesia untuk dapat mencapai pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan kita harus melewati perjalanan laut.  Namun ada saja hal menyebalkan yang kerap terjadi saat kita sedang berlibur, seperti mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan tidak hanya terjadi saat kita sedang dalam perjalanan darat, mabuk laut juga kerap terjadi kepada beberapa orang.

Seseorang yang terkena mabuk laut akan mengalami mual dan pusing yang berkepanjangan selama menggunakan transportasi laut. Hal ini tentu akan mengganggu waktu liburan yang sedang diajalani, dan mabuk perjalanan seperti ini juga dapat merusak mood dan mengakibatkan tidak dapat menikmati waktu liburan. Berikut tips jitu yang dapat kamu terapkan agar terhindar dari mabuk laut.

1. Jangan Pergi Dalam Keadaan Perut Kosong

Usahakan untuk makan 30 menit sebelum memulai perjalanan. Perut yang terisi akan memberikan energi lebih. Akan tetapi hati-hati dalam memilih makanan. Jangan makan makanan yang bermiyak atau asam, karena makanan yang asam akan lambat dicerna sehingga tertumpuk di perut. Sedangkan kombinasi antara makanan berminyak dan asam tidak baik untuk sistem pencernaan.  Lebih baik minum banyak air mineral dan makan dengan porsi kecil. Atau pilih juga makanan rendah lemak dan kaya protein seperti dada ayam, ikan tanpa lemak, keju lembut atau tanaman polong.

2. Minum Obat Anti Mabuk

Usahakan minum obat antimabuk 15 menit sebelum memulai perjalanan. Obat antimabuk akan mengatasi rasa mual yang muncul saat sedang menggunakan trasnportasi laut.

3. Udara Segar

Ketika rasa mual mulai muncul sebaiknya segera cari udara segar. Penuhi asupan oksigenmu agar rasa mulai menghilang. Pergilah ke tempat yang terbuka agar kamu dapat menghirup udara segar.

4. Jangan Membaca

Pekerjaan membaca justru akan memperparah mabuk laut kamu. al itu dikarenakan matamu yang terfokus pada tiap-tiap kata yang ada di dalam buku yang tidak bergerak, sementara indra vestibula di bagian dalam telinga menyerap semua pergerakan dari kapal.

5. Pilih Tempat Duduk Di Area Tengah Kapal

Kapal bagian depan dan belakang bisa menghasilkan guncangan yang cukup besar ketika membelah ombak, dan itu menjadi salah satu penyebab mabuk laut. Pilihlah tempat duduk di bagian tengah kapal, karena area tersebut yang paling mengalami sedikit guncangan. Usahakan juga duduk menghadap arah perjalanan, dengan demikian Kamu akan merasa berorientasi lebih baik.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan