Internasional Peristiwa

Katsuko Saruhasi Seorang Ahli Geokimia Asal Jepang Yang Menjadi Tema Google Doodle Hari Ini

Primaberita.com – Tepat hari ini 22 maret 2018. Halaman utama google menampilkan seorang wanita asal Jepang, yaitu Katsuko Saruhashi  lahir di Tokyo, Jepang, 22 Maret 1920. Dia adalah seorang ahli geokimia asal Jepang.

Katsuko Saruhasi adalah wanita yang membantu meneliti efek tes nuklir di lautan. Ia juga meneliti hujan asam dan efek-efeknya. Saruhashi bermimpi agar suatu hari nanti, pria dan wanita dapat sejajar di bidang Sains dan Teknologi. Berbagai prestasi di bidang Geokimia ditoreh oleh Saruhashi, mulai dari Doktor bidang kimia pertama di Universitas Tokyo, serta menjadi wanita pertama yang memenangkan penghargaan ilmiah bergengsi di Jepang.

Awal mula ia tertarik dengan ilmu sains adalah karena kebiasaan dia melamun dan memandangi air hujan yang turun ke bumi. Ia bertanya-tanya mengapa hujan dapat turun ke bumi.

Dia adalah orang pertama yang secara akurat mengukur konsentrasi asam karbonat dalam air berdasarkan suhu, tingkat pH, dan klorinitas.

Penelitannya ini pun menghasilkan rumusan klasifikasi ‘Tabel Saruhashi’ yang terbukti sebagai metodologi yang sangat berharga bagi para ahli kelautan di seluruh dunia hingga sekarang.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan