Kisah Sang Astronom Asal Meksiko Guillermo Haro Yang Jadi Tema Google Doodle Hari Ini

Primaberita.com – Halaman utama pencarian Google hari ini menampilkan sosok Guillermo Haro. Lalu siapakah Guillermo Haro  ini? Guillermo Haro  adalah seorang astronom asal Meksiko yang berhasil menemukan tiga bintang selaras yang dikenal dengan Three Sisters  yang merupakan bagian dari rasi Orion.

Selain penemuan itu, pria yang lahir pada tahun 1913 tersebut juga memberikan banyak kontribusi untuk observasional astronomi, terutama dengan teleskop Tonantzintla Schmidt. Ia dan rekan nya George Herbig menemukan bintang suar di wilayah nebula Orion. Dan kemudian di agregat bintang dari berbagai usia.

Selain itu mereka berdua juga  berhasil mendeteksi sejumlah besar nebula planet ke arah pusat galaksi dan penemuan kondensasi nonstell di awan dengan kepadatan tinggi di dekat daerah pembentukan bintang baru-baru ini, yang sekarang disebut Herbig-Haro objek.

Selain pencapaian yang disebut di atas, Haro juga mampu mengkatalog 8746 bintang berwarna biru yang mengarah ke kutub galaksi utara. Berkat kontribusinya ini, Haro menjadi orang Meksiko pertama yang terpilih masuk ke dalam Royal Astronomical Society pada 1959.

Karena ketertarikannya terhadap Astronomi, bahkan Guillermo Haro mengejar pelatihan astronomi saat berkunjung ke Amerika Serikat dan bekerja di Harvard College Observatory pada 1943 hingga 1944.

Setelah ia kembali ke Meksiko pada 1945, Guillermo Haro kembali bekerja di Observatorio Astrofisico de Tonantzintla. Dan pada 1947 Guillermo Haro mulai bekerja untuk Observatorio de Tacubaya dari UNAM. Ia sendiri wafat pada 26 April 1988

Salah satu peninggalan peninggalan Guillermo Haro akan ilmu astronomi diwariskan dalam National Institute of Astrophysics, Optics, and Electronics yang didirikannya untuk mendukung mahasiswa sains. Lembaga tersebut menjalankan sebuah observatorium yang diberi nama sesuai nama Guillermo Haro di Sonora, Meksiko.

Add a Comment