Jumat , Desember 14 2018
Home / Lifestyle / Enam Tips Untuk Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Enam Tips Untuk Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Primaberita.com –  Kulit wajah berminyak tentu sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Selain itu minyak berlebih pada wajah juga akan menyebabkan jerawat dan kekusaman pada wajah. Minyak berlebih pada kulit bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti pola makan, hormonal,  faktor keturunan hingga efek samping kosmetik yang dikenakan sehari-hari. Biasanya bagian wajah yang paling berminyak adalah area T-zone yaitu area hidung dan dahi. Untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah kamu dapat melakukan beberapa tips berikut.

1. Masker Seledri

Kandungan asam lemak omega 6 pada seledri bisa membantu menjaga kulit wajah tetap kenyal dan terlihat bersinar. Cara menggunakan masker ini juga sangat mudah yaitu, siapkan satu batang seledri segar dan masukkan kedalaman segelas air panas. Tunggu sampai air menjadi dingin, kemudian aplikasikan air seledri tersebut ke wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini secara rutin agar minyak di wajah berkurang dan kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca:  3 Jenis Pembersih Wajah Yang Praktis Di Bawa Saat Traveling

2. Masker Mentimun

Buah mentimun dipercaya ampuh untuk mengatasi kadar minyak berlebih pada wajah. Kamu dapat memblender mentimun kemudian aplikasikan pada wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Atau kamu juga dapat mengiris mentimun secara tipis dan letakkan pada wajah irisan mentimun tersebut dan diamkan selama beberapa saat. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.  Lakukan hal ini 2 kali dalam seminggu agar di dapatkan hasil yang maksimal.

3. Masker Apel

Apel tidak hanya enak untuk dimakan tetapi juga dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Selain itu, cuka apel juga punya kandungan asam yang bisa memerangi bakteri penyebab jerawat. Campurkan saja 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air yang sudah dipanaskan. Aplikasikan ke wajah tipis-tipis dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Garam Laut dan Air Lemon

Tak hanya ampuh menghilangkan minyak berlebih pada wajah, garam laut juga bisa menghilangkan sel kulit mati dan menyamarkan noda bekas jerawat pada wajah. Campurkan 1 sdm garam laut dan 1 sdm sari lemon. Pijat lembut wajah kita dengan campuran garam laut dan sari lemon. Biarkan selama maksimal 5 menit da bilas dengan air dingin.

Baca:  10 Langkah Mudah Memakai Makeup Dengan Benar

5. Masker Putih Telur

Masker putih telur juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Caranya, campurkan putih telur dengan sedikit madu, kemudian oleskan pada wajah secara merata, dan diamkan selama 20 menit sampai masker mengeras. Kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini secara rutin, 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

6. Es Batu

Es batu juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah dan menyegarkan wajah. Kamu cukup mengoleskan es batu ke seluruh permukaan wajah, khususnya zona T  selama sekitar 30 detik.

 

Tinggalkan Balasan