Health

6 Manfaat Minum Air Jahe Bagi Kesehatan

Primaberita.com –  Tanaman jahe atau zingiber officinale merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang terkenal sebagai bumbu masakan atau obat herbal alami. Jahe sudah digunakan dalam peradaban china dan india  sejak 25 abad yang lalu dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Jahe memiliki kandungan zat fitokimia yang berfungsi sebagai analgesik dan anti peradangan, selain itu jahe juga mengandung vitamin B5, B6, chineol dan rendah kalori. Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari jahe, banyak orang menyukai konsumsi jahe. Salah satunya adalah wedang jahe atau air jahe.

Air jahe dibuat dengan cara jahe yang di campurkan dengan air hangat. Manfaat dari minum air jahe adalah dapat menghangatkan badan dan mengobati perut kembung dan masih banyak lagi. Berikut sederet manfaat konsumsi air jahe.

1. Meredakan Stres

Menghirup aroma jahe dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Selain itu air jahe juga akan meredakan rasa tegang dan tertekan sehingga stres yang kamu alami akan berkurang.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti perut kembung, diare dan kram perut dapat kamu sembuhkan dengan meminum air jahe hangat. Jahe dapat melemaskan dan merilekskan usus dalam perut sehingga dapat mengatasi sejumlah masalah pencernaan.

3. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Sifat jahe yang memberikan efek anti mual sangat bermanfaat bagi kamu yang suka mengalami mabuk perjalanan. Minum air jahe sebelum melakukan perjalanan dengan kendaraan agar kamu tidak mengalami mabuk perjalanan.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Minum air jahe hangat, sistem imun tubuh bisa makin kuat. Jahe punya kandungan yang bisa bantu membersihkan sistem limfa, mengeluarkan racun, dan membunuh bakteri. Sehingga kita tak gampang jatuh sakit lagi.

5. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi air jahe sebelum tidur dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena jahe memiliki manfaat yang baik untuk sistem pencernaan dan dapat menekan nafsu makan berlebih. Oleh karena itu jahe bagus untuk kamu sedang dalam masa diet.

6. Menyembuhkan Nyeri Haid

Konsumsi jahe mampu untuk mengurangi rasa sakit seefektif obat asam mefenamat dan ibuprofen. Pada sebuah penelitian pada tahun 2012 yang diterbitkan di jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine. Penelitian dengan membandingkan tingkat keefektifan dari minuman jahe dan obat pereda sakit.

Hasil penelitian menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi air jahe sebanyak tiga kali dalam sehari ketika masa menstruasi, mengalami rasa sakit yang kadarnya lebih rendah daripada para wanita yang mengkonsumsi obat pereda rasa sakit.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan