Home / Property / Risih Banyak Lalat Di Sekitar Anda? Ini 5 Bahan Alami Pengusir Lalat

Risih Banyak Lalat Di Sekitar Anda? Ini 5 Bahan Alami Pengusir Lalat

Primaberita.com – Lalat adalah hewan yang sangat mengganggu dan menyebalkan. Lalat juga merupakan salah satu hewan yang sangat kotor karena ia suka hinggap di tempat-tempat yang kotor. Rumah yang banyak dihinggapi lalat biasanya menandakan bahwa rumah tersebut kurang bersih.

Rumah yang banyak dihinggapi lalat akan sangat mengganggu penghuninya, dan juga berbahaya karena lalat banyak membawa kuman. Lalat sangat suka hinggap di makanan. Dan bayangkan jika makanan di dalam rumah dihinggapi lalat. Tentu ini akan berdampak buruk bagi yang mengkonsumsinya. Karena lalat merupakan salah satu penyebar penyakit diare, disentri dan demam tifoid.

Oleh sebab itu jaga kebersihan rumah agar tidak dihinggapi banyak lalat. Mengusir lalat juga harus berhati-hati. Jika mengusir lalat dengan insektisida cukup memberikan resiko, karena insektisida mengandung bahan-bahan kimia yang memiliki efek samping terhadap tubuh. Akan tetapi jangan khawatir ada bahan bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengusir lalat. Bahan-bahan tersebut tergolong aman dan tidak membahayakan kesehatan. Berikut daftar bahan-bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengusir lalat.

1. Daun Pandan

Bau harum pada daun pandan ampuh untuk mengusir lalat. cara penggunannya juga sangat mudah. Siapkan beberapa helai daun pandan kemudian iris secara tipis dan halus. Letakkan irisan daun pandan dalam sebuah wadah dan tempatkan wadah tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Baca:  Masker Oatmeal Dan Tomat Untuk Wajah Putih Dan Cerah

2. Tanaman Kemangi

Tanaman kemangi juga sangat ampuh untuk mengusir lalat. Caranya adalah tanam kemangi di pekarangan rumah atau di sekitar rumah, tanaman kemangi akan menjadi penghalau saat lalat akan masuk ke dalam rumah.

3. Cengkeh Dan Lemon

Bau harum pada cengkeh sangat dibenci oleh lalat. Oleh karena itu cengkeh dapat dijadikan senjata ampuh untuk mengusir lalat.  Caranya adalah iris sebuah lemon menjadi dua bagian dan letakkan beberapa buah cengkeh di atas buah lemon yang telah diiris. Letakkan dalam sebuah wadah dan aduk agar harum lemon dan cengkeh semakin semerbak. Letakkan campuran tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

4. Minyak Lavender

Minyak lavender dikenal sebagai anti serangga alami. Minyak ini jug sangat ampuh untuk mengusir lalat-lalat yang sangat mengganggu. Cara menggunaknnya juga sangat mudah. Celupkan sebuah spons atau kain pada minyak lavender dan letakkan pada tempat yang banyak dihinggapi oleh lalat.

5.Plastik Yang Di Isi Air

Kamu juga dapat menggunakan plastik yang diisi air untuk megusir lalat. Cara ini sudah digunakan sejak zaman dahulu. Kantong air di plastik itu bisa mengusir lalat hal ini tak  terlepas dari pembiasan cahaya yang di akibatkan oleh air yang terbungkus plastik ternyata membuat lalat menjadi bingung seperti menyaksikan fatamorgana. Sehingga mereka menjadi  pusing dan pergi menjauh.

Baca:  5 Bahan Alami Untuk Pengharum Ruangan

Mata lalat memiliki sudut pandang berbeda, tidak seperti mata manusia. Ada sekitar 3000 – 6000 mata pada setiap bulatan mata lalat. Mata tersebut tidak bisa fokus pada satu sudut  pandang seperti mata kita. Mata-mata itu menampilkan berbagai sudut pandang berbeda layaknya 3000 – 6000 monitor CCTV yang menampilkan pandangan berbeda.  Jadi ketika lalat terkena pembiasan cahaya akibat bungkusan air di plastik mereka akan sangat tersiksa. Kemudian akan memilih untuk pergi meninggalkan area tersebut.Cara menggunakannya juga mudah yaitu isi sebuah plastik dengan air dan gantungkan plastik tersebut di tempat yang biasanya dihinggapi lalat.

6. Cuka Apel

Penggunaan cuka apel dapat mengurangi kerumunan lalat buah karena hewan ini tertarik dengan bau makanan yang terfermentasi. Caranya adalah panaskan cuka apel selama beberapa menit, dan masukkan kedalam toples, kemudian tutup toples dan beri lubang seukuran lalat pada tutup toples, kemudian letakkan toples tersebut di tempat biasanya lalat berkerumun, lalat akan teratarik dengan bau cuka dan masuk ke dalam toples. Lalat akan terjebak dan tidak menemukan jalan keluar karena pembiasan kaca yang menimbulkan ilusi di mata lalat.

Incoming search terms:
  • cara mengusir lalat yg hinggap di tubuh kita

One comment

Tinggalkan Balasan