Ekonomi Bisnis Teknologi

Suntikan Dana Sebesar 55 Triliun Rupiah, Alibaba Kuasai Lazada

Primaberita.com – Setelah dua kali memberikan suntikan dana para periode 2016 dan 2017, Alibaba kembali kembali melakukan penyuntikan dana sebesar USD 2 miliar atau setara dengan Rp 27,5 triliun kepada Lazada.

Penambahan investasi itu dilakukan oleh perusahaan yang di punggawa Jack Ma itu guna memperkuat ekspansinya ke kawasan Asia Tenggara. Investasi itu bernilai dua kali lipat dari penyuntikan dana pada 2016 dan 2017 yang lalu.

Seperti diketahui, pada 2016, raksasa teknologi asal China itu menyuntik dana sebesar USD 1 miliar. Dengan dana itu, Alibaba mengakuisisi saham Lazada sebesar 51 persen dan kemudian pada 2017 melakukan nya kembali dengan nilai dana yang sama.

Dengan demikian, total suntikan dana yang diberikan Alibaba kepada Lazada adalah bernilai US$ 4 miliar atau setara dengan Rp 55 triliun. Selain mengakuisisi saham Lazada, Alibaba juga menggantikan posisi Maximilian Bittner  selaku CEO Lazada kepada Lucy Peng.

Lucy, yang merupakan co-founder Alibaba, saat ini menjabat sebagai chairmowan di Lazada. Sedangkan Maximilian, yang sudah menduduki jabatan sebagai CEO Lazada sejak 2012 lalu, akan mengisi peran sebagai penasihat senior di Alibaba.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan