Lifestyle

Tips Dan Trik Perawatan Sepatu Dan Tas Agar Selalu Awet

Primaberita.com – Tas dan sepatu merupakan salah satu fashion item yang paling sering dikoleksi. Karena tas dan sepatu merupakan fashion item yang selalu dipakai setiap hari. Oleh karena itu memiliki satu jenis tas dan sepatu saja tidak cukup.

Memakai fashion item yang satu ini juga harus disesuaikan dengan kondisi dan acara yang sedang dihadiri agar tidak menjadi tontonan karena salah kostum. Memiliki banyak koleksi tas dan sepatu tentunya membutuhkan perawatan tersendiri agar koleksi yang dimiliki tetap awet dan tidak mudah rusak.

Terutama tas dan sepatu yang memiliki harga fantastis, pasti membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Masing-masing bahan dasar pembuatan tas dan sepatu juga memiliki cara perawatan tersendiri. Seperti tas yang terbuat dari kulit asli berbeda perawatannya dengan tas yang terbuat dari kulit sintetis. Berikut tips dan trik perawatan koleksi sepatu dan tas yang kamu miliki.

1. Untuk Perawatan Tas

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga koleksi tas yang kamu miliki.

Keluarkan Isi Tas Sewaktu Akan Di Simpan

Benda-benda seperti peralatan makeup dan pulpen sebaiknya dikeluarkan dari dalam tas ketika akan menyimpan tas tersebut. Karena benda-benda tersebut dapat mengotori tas dan merusak tekstur dari tas tersebut.

Simpan DI Tempat Yang Kering

Jangan simpan tas di tempat yang lembab. Tempat yang lembab menjadi lokasi pertumbuhan jamur. Jamur yang tumbuh pada tas akan merusak tampilan dan tekstur dari tas tersebut. Jadi sebaiknya simpan tas pada tempat yang kering. Dan simpan tas menurut bahan pembuatannya jangan campurkan tas kulit dan tas yang terbuat dari kain atau plastik. Dan gunakan juga silica gel agar jamur tidak tumbuh pada tas.

Jauhkan Dari Sinar Matahari Dan Air

Sinar matahari dan air dapat merusak tekstur tas, terutama tas yang terbuat dari bahan kulit asli. Sinar matahari akan membuat tas kulit menjadi retak dan warnanya menjadi pudar. Sementara air akan menyebabkan tas ditumbuhi jamur.

Bersihkan Tas Yang Terkenan Noda Dengan Lap Kering Dan Lembut

Gunakan lap yang lembut saat akan membersihkan noda pada tas. Untuk membersihkan tas kulit gunakan kapas atau kain microfiber agar tekstur dan permukaan tas kulit tidak rusak.

2. Untuk Perawatas Sepatu

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga koleksi sepatu yang kamu miliki.

Jangan Tumpuk Sepatu

Disarankan untuk tidak menumpuk sepatu. Jika itu yang terjadi, maka dapat merusak sepatu yang berada di tumpukan paling bawah. Gunakanlah rak khusus untuk menyimpan sepatu. Selain terlihat rapi, menggunakan rak khusus juga mempermudah kita mengambil sepatu yang ingin digunakan. Kamu juga bisa meletakkan silica gel atau kapur barus ke dalam tempat penyimpanan untuk menghindari sepatu dari jamur.

Jangan Gunakan Sepatu Selama Beberapa Hari Berturut-turut

Sepatu membutuhkan waktu selama 24 jam untuk sirkulasi udara sebelum digunakan kembali. Oleh karena itu, jika hari ini kamu sudah menggunakan sepatu favoritmu, keesokkan hari sebaiknya gunakan sepatu yang lain.

Gunakan Odol Sewaktu Mencuci Sepatu

Gunakan odol dalam mencucinya. Ratakan dan sikat sepatu secara rata supaya kulitnya tak rusak dan tahan lama.

Segera Keringkan Jika Terkena Basah

Jangan biarkan terlalu lama sepatu anda terkena air. Jika anda kehujanan, segera keringkan dengan lap kering atau tisu. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, gunakan kertas koran.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan