Hiburan Internasional

George Peabody, Pria Dermawan Yang Jadi Tema Google Doodle Hari Ini

Primaberita.com – Tema Google Doodle hari ini menampilkan seorang pria berkewarganegaraan Amerika Serikat. Dia adalah George Peabody yang lahir pada 18 Februari 1795 di Massachusetts, Amerika Serikat. Lalu mengapa Peabody menjadi tema Doodle pilihan Google hari ini?

Diketahui, semasa hidupnya, Peabody terlahir dari keluarga miskin dalam Perang Saudara di AS. Lantaran tak bisa bersekolah sejak berumur 11 tahun, George Peabody memutuskan hengkang ke New York untuk bekerja di sebuah toko dan belajar secara mandiri.

Saat berusia 15 tahun, Peabody yang merupakan sosok pemuda ambisius, cerdas, dan dewasa itu berusaha mencari keberuntungannya. Saat berusia 20 tahun, ia menjadi mitra bisnis grosir. Dua tahun menjalankan bisnis tersebut ia meraup kekayaan sebesar US$ 40.000.

Selama 20 tahun ia menjalankan bisnis di Baltimore, sedikit demi sedikit ia berkembang menjadi pedagang dan pemodal internasional. Setelah lima kali melakukan perjalanan bisnis ke Eropa, pada 1837 ia memutuskan untuk menetap di London.

Di sana, ia mendirikan rumah perbankan George Peabody dan Company, yang mengkhususkan pada valuta asing. Selama di London, bisnis Peabody meraih banyak keuntungan. Mendekati masa pensiunnya, ia memutuskan untuk mengamalkan separuh hartanya, baik di AS maupun di Inggris.

Pada 16 Maret 1867, George Peabody dianugerahi penghargaan Congressional Gold Medal oleh pemerintah AS, setelah menyumbangkan uang senilai 2 juta dollar AS untuk keperluan pendidikan. Jumlah tersebut setara dengan 36 juta dollar AS dalam nilai saat ini, atau hampir Rp 500 miliar.

Karena kedermawanan nya itu, Google pun ingin mengenang jasanya dengan menampilkan nya sebagai tema Google Doodle hari ini, dimana hari ini merupakan hari kelahiran sang dermawan. Sekedar informasi, George Peabody tutup usia di London pada 4 November 1869. Ia sempat disemayamkan di Westminster Abbey dan kemudian dimakamkan di Peabody, Massachusetts, sesuai dengan keinginannya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan