Health

Ini Alasan Kenapa Baju Baru Wajib Di Cuci Terlebih Dahulu Sebelum Di Pakai

Primaberita.com –  Memiliki baju baru pasti setiap orang tidak sabar untuk segera memakainya. Akan tetapi sebenarnya baju baru harus dicuci terlebih dahulu sebelum di pakai. Meski memang belum pernah dipakai, baju baru menyimpan beragam potensi masalah kesehatan yang tidak kita sadari.

Menurut pakar tekstil Lana Hogue, tidak mencuci baju yang baru Anda beli dari butik atau toko akan meningkatkan risiko Anda terkena kuman atau bakteri dari pengunjung toko lain yang sebelumnya mencoba pakaian tersebut. Belum lagi bahan-bahan kimia yang digunakan dalam industri tekstil,  yang mungkin berbahaya jika bersentuhan langsung dengan manusia.

Zat kimia yang biasanya dipakai dalam industri pakaian dua diantaranya Formaldehyde dan azo-aniline. Banyak kain sintetis yang mendapatkan warnanya dari pewarnaan menggunakan azo-aniline. Zat ini bisa  menyebabkan reaksi parah pada kulit yang sensitif atau alergi terhadap zat tersebut.

Formaldehyde berwujud gas tidak berwarna yang diaplikasikan pada beberapa produk pakaian untuk mencegahnya  jadi berkerut atau kusut. Zat ini juga mengurangi pembentukan jamur pada kain yang sudah ditumpuk dalam waktu lama.

Mencuci baju baru bisa mencegah Anda dari iritasi kulit, apalagi untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Perlu diingat juga untuk selalu mencuci pakaian baru dengan mengikuti petunjuk cara pencuciannya untuk mencegah bahan cepat rusak.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan