Lima Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Primaberita.com – Bunga mawar tak hanya memiliki tampilan yang cantik dan memberikan kesan romantis, tetapi juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Maka tak heran ada banyak sekali produk di pasaran yang memanfaatkan bunga mawar. Salah satu produk dari bunga mawar yang banyak di jual di pasaran adalah air mawar.

Air mawar mengandung vitamin A, C dan E serta mengandung antioksidan yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Air mawar diperoleh dari hasil  penyulingan kelopak bunga mawar. Berikut daftar manfaat air mawar untuk kesehatan kulit.

1. Melembabkan Kulit

Nutrisi dan vitamin di dalam air mawar sangat dipercaya mampu melindungi kulit dari masalah kulit kering, kusam dan dari bahaya paparan sinar matahari langsung. Minyak alami yang terkandung pada bunga mawar akan  selalu menjaga kelembaban kulit.

2. Mengatasi Jerawat

Bagi kamu yang mengalami masalah jerawat pada wajah, kamu bisa mengatasinya dengan air mawar. Kandungan antiseptik pada air mawar dapat menjadi obat jerawat yang terbaik. Sifat anti inflamasi pada air mawar dapat membantu mengurangi kemerahan akibat peradangan jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah campurkan satu sendok teh air mawar dengan satu sendok teh air lemon. Oleskan campuran air tersebut dengan kapas pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih. Tak hanya jerawat dan bekasanya, campuran air ini juga dapat menghilangkan komedo.

3. Mencegah Penuaan Dini

Air mawar mengandung vitamin c dan vitamin lainnya yang dapat menutrisi kulit wajah. Selain itu penggunaan air mawar secara rutin sebagai toner atau masker dapat menurunkan resiko penuaan dini.

4. Menyegarkan Kulit

Nutrisi pada air mawar dikatakan sangat baik dalam menyegarkan kulit. Tak hanya itu saja, nutrisi pada air mawar dipercaya juga sangat baik dalam membuat kulit menjadi lebih cerah,  lembut serta awet muda.

5. Mengunci Make Up

Tak hanya digunakan sebagai pembersih make up air amwar juga dapat dimanfaatkan sebagai pengunci riasan wajah anda. Campurkan air mawar dengan gliserin dan semprotkan pada wajah yang telah selesai di make up sebagai penutup proses riasan.

Kamu juga dapat membuat air mawar sendiri, ai mawar yang dibuat sendiri akan lebih aman pastinya dan tidak akan mengandung zat-zat kimia berbahaya. Berikut cara mudah membuat air mawar.

Siapkan 7 tangkai bunga mawar, air dan botol spray. Lepas kelopak mata bunga mawar satu persatu dari tangkainya dan masukkan ke dalam wadah berisi air hangat. Masukkan seluruh kelopak bunga mawar yang telah direndam air hangat tersebut ke dalam panci. Panaskan dalam api sedang dan tutup dengan penutup panci. Biarkan mendidih selama 20-30 menit atau tunggu hingga warna kelopak berubah warna menjadi pink pucat. Saring seluruh kelopak bunga mawar tersebut untuk diambil airnya saja. Buang sisa kelopak bunga mawar tersebut dan simpan air bunga mawar di dalam botol spray. Untuk digunakan sebagai toner, kocok terlebih dahulu dan taruh di dalam kapas dan sapukan pada wajah.

Add a Comment