Health

5 Buah-Buahan Yang Aman Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

Primaberita.com – Diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes juga merupakan suatu penyakit akibat kelainan dari reaksi kimia dalam hal pemanfaatan yang tepat atas karbohidrat, lemak dan protein dari makanan karena tidak cukupnya pengeluaran atau kurangnya insulin.  Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula di dalam darah.

Oleh sebab itu penderita diabetes harus membatasi jumlah gula yang dikonsumsi, termasuk kandungan gula alami dalam makanan, seperti buah-buahan. Buah buahan merupakan sumber serat yang baik dikonsumsi secara rutin. Tetapi untuk pengidap diabetes harus lebih berhati-hati dalam memilih buah. Karena beberapa buah mengandung indeks glikemik yang tinggi yang dapat menyebabkan naiknya gula darah.

Buah-buahan memang banyak mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan, tapi bukan berarti semuanya baik juga untuk  penderita diabetes. Penderita diabetes harus tetap membatasi buah-buahan yang dikonsumsi, penderita diabetes juga harus menghindari buah kemasan kaleng yang diberi sirup atau gula tambahan lainnya. Berikut daftar buah-buahan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Buah Ceri

Buah lain yang ramah bagi penderita diabetes adalah ceri. Selain rendah indeks glikemiknya, buah ini juga dianggap bagus untuk melawan inflamasi atau peradangan dalam tubuh.12 butir buah ceri saja hanya mengandung 59 kalori dan 14 gram karbohidrat,  ukuran kalori dan karbohidrat dengan jumlah seperti itu masih aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

2. Kiwi

Sebuah kiwi ukuran besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat. Indeks glikemiknya juga tergolong rendah, yakni 53. Kiwi juga mengandung inositol yang penting untuk mengatur kadar glukosa darah.Selain itu, buah tersebut juga kaya akan vitamin C dan serat yang dipercaya ampuh untuk mencegah penyakit diabetes.

3. Apel

Apel memiliki nilai indeks glikemik sebesar 39 yang berarti lebih rendah dari kategori takaran terendah sehingga aman bila dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Selain itu, buah ini juga kaya serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik, termasuk pada bagian kulitnya yang kaya antioksidan.

4. Jeruk

Jeruk, memiliki nilai indeks glikemik sebanyak 40 sehingga aman untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

5. Semangka

Rasa manis dari buah semangka tidak akan membuat kadar gula darah menjadi naik. Semangka memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Kalori dan karbohidrat rendah pada buah semangka membuat 1 porsi kecil buah semangka memiliki  glikemik yang rendah dan tidak akan mempengaruhi kadar gula darah pada penderita diabetes.Di samping itu, semangka justru memiliki karotenioid likopen yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menurunkan kadar glukosa.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan