Jokowi-SBY Harmonis, CSIS : Gerindra Dan PKS Gelisah!

Primaberita.com – Keharmonisan Presiden Joko Widodo dengan Susilo Bambang Yudhoyono ketika menghadiri Rapimnas Partai Demokrat beberapa hari lalu dinilai peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandez membuat khawatir serta gelisah Gerindra dan PKS.

Arya juga menambahkan jika merapatnya Demokrat ke Jokowi dinilai wajar mengingat keduanya tampak jarang berkomunikasi dengan Demokrat terkait Pilpres 2019. Arya mengatakan, justru koalisi PKS-Gerindra bisa bertambah jika PAN bergabung.

“Terkait PKS dan Gerindra terhadap manuver Jokowi, saya kira mereka tentu merasa khawatir juga bila Jokowi berhasil mendapat dukungan dari Demokrat. Melihat manuver Jokowi yang aktif belakangan ketemu elite parpol, pada satu sisi ini menunjukkan Jokowi membutuhkan dukungan banyak parpol dan Jokowi tidak menganggap enteng pertarungan nanti,” ujar Arya.

“Kalau menurut saya, dari sisi PKS dan Gerindra, mereka sebenarnya tidak banyak komunikasi dengan Partai Demokrat. Kalau Demokrat dengan Jokowi, PKS dan Gerindra justru tak perlu merasa kehilangan. Kecuali PAN misalnya,”  lanjutnya.

Lebih jauh, Arya memaparkan jika kegelisahan dan kekhawatiran itu semakin terlihat nyata setelah Wasekjen Gerindra menuding jika SBY dan Jokowi sedang bermain drama. Sementara itu PKS juga menilai jika Demokrat tengah bermain tiga kaki.

Add a Comment