5 Bahan Alami Yang Bisa Dijadikan Pengharum Ruangan

Primaberita.com – Ruangan yang harum dapat memperbaiki mood dan membuat tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks. Salah satu cara membuat ruangan menjadi harum adalah dengan menambahkan pengharum ruangan. Ada banyak jenis aroma pengharum ruangan yang dapat kamu pilih seperti lavender, mawar, citrus dan aroma buah-buahan lainnya.

Ruangan yang harum akan memberikan energi positif bagi penghuninya. Pengharum ruangan efektif membuat  suasana rumah terasa nyaman dan tenang. Tapi pengharum ruangan sintetis yang banyak dijual di pasaran  penuh dengan bahan-bahan kimia yang jika dihirup terus menerus bisa menyebabkan alergi bahkan keracunan.

Sebagai alternatif, Anda bisa membuat pengharum ruangan sendiri dari tanaman herbal atau bunga kering. Bahan-bahan tersebut tergolong aman dan tidak menimbulkan efek samping. Cara membuat pengharum ruangan dengan bahan bahan tersebut juga  sangat mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang dapat kamu manfaatkan untuk pengharum ruangan dan cara membuatnya.

1. Campuran Lemon, Rosemary Dan Vanili

Campuran bahan-bahan ini akan memberikan kesegaran aroma musim semi, tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke negara yang memiliki musim semi. Kamu juga dapat menikmati aroma musim semi di rumahmu sendiri.

Caranya adalah siapkan 2 buah lemon segar, 2 batang rosemary, dan 1 sendok teh vanili. Kemudian potong buah lemon dengan ketebalan 0,5 cm, dan masukkan bersama bahan lainnya ke dalam panci yang berisi 2 liter air. Rebus sampai mendidih dan keluar aroma harum. Setelah itu simpan dalam wadah atau botol bekas madu yang sudah dibersihkan. Letakkan di sebuah ruangan dalam rumahmu maka kamu akan merasakan kesegaran aroma musim semi.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki banyak khasiat yang dapat dimanfaatkan. Hasil penyulingan minyak atsiri yang terdapat dalam kulit jeruk  umum dipakai untuk bibit minyak wangi. Jika dikaitkan dengan bidang kesehatan, minyak atsiri bermanfaat untuk menstabilkan  sistem saraf untuk memberikan dampak tenang bagi siapa saja yang menghirupnya.

Siapkan kulit jeruk, sebuah wadah, bunga mawar dan dedaunan. Cuci bersih jeruk dan lap hingga kering. Kemudian potong kulit jeruk secara melingkar dan jangan sampai terputus. Setelah itu masukkan bunga mawar dan dedaunan kedalam toples, dan kulit jeruk, susun dengan rapi agar terlihat cantik dan menarik.

3. Potpourri

Potpourri merupakan pengharum ruangan alami yang tepat bagi pecinta tanaman. Potpourri adalah teknik mengharumkan ruangan dengan menggunakan bunga bunga kering, kamu dapat menggunakan bunga mawar, melati atau lavender yang telah dikeringkan. Siapkan sebuah wadah, bunga kering, minyak essensial, dan rempah-rempah dapat berupa cengkeh atau kayu manis.

Letakkan bunga kering dan cengkeh kedalam wadah kemudian tetesi dengan minyak essensial. Setelah itu tutup rapat wadah tersebut selama beberapa minggu agar minyak essensial terserap dengan sempurna. Setelah itu sebelum dijadikan pengharum ruangan hias dengan cantik dan menarik potpourri yang telah kamu buat dan terakhir letakkan di dalam ruangan yang kamu inginkan.

4. Lilin Kayu Manis

Keharuman kayu manis juga dapat anda pergunakan untuk membuat pengharum ruangan alami untuk rumah anda.Siapkan Lilin pilar dengan diameter minimal 3 inci, Batang kayu manis, Gunting bunga ,Lem tembak dan Piring.

Potong kayu manis seukuran dengan tinggi lilin. Kemudian lengketkan setiap sisi luar lilin dengan kayu manis, sampai semua sisi tertutupi oleh kayu manis. Bakar lilin maka aroma kayu manis akan mengharumkan ruangan.

5. Jeruk Nipis, Mint, Vanilla

Siapkan jeruk nipis, thyme, mint dan ekstrak vanila. Iris jeruk nipis tipis-tipis, lalu tambahkan thyme, ekstrak vanila, mint, dan air.

Add a Comment