5 Bahan Alami Yang Ampuh Mengatasi Kulit Belang

Primaberita.com –  Penampilan yang sempurna adalah satu hal yang menjadi fokus utama bagi wanita. Kulit putih merata merupakan salah satu faktor yang mendongkrak kepercayaan diri. Terutama bagi kita yang tinggal di iklim tropis. Sinar matahari menjadi permasalahan utama bagi kita. Karena paparan sinar matahari dapat membuat kulit belang. Dan hal ini sangat menyebalkan bagi kaum wanita.

Banyak cara untuk mencegah timbulnya belang pada kulit, seperti memakai sunblock, atau sunscreen dan mengurangi aktivitas di bawah paparan sinar matahari. Selain itu ada beberapa bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit belang akibat sinar matahari. Berikut ulasannya.

1. Gula Pasir

Gula pasir dapat mengatasi kulit belang. Tekstur gula pasir yang kasar dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menggunakannya juga sangat gampang. Campurkan gula pasir dengan sedikit air aduk sampai membentuk pasta.  Usapkan pasta gula pasir pada kulit tangan atau kaki yang belang. Pijatlah kulitmu tersebut agar scrub gula pasir membuat sel-sel  kulit mati mengelupas. Setelah menggunakan pasta gula pasir selama beberapa menit, bilaslah sisa pasta tersebut dengan air hangat.

2. Tomat

Buah tomat kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi, yang juga merupakan salah satu bahan alami untuk membantu mengatasi kulit belang secara mudah. Tomat juga dapat menyeimbangkan pH kulit, mengecilkan pori-pori, merawat kulit yang terbakar matahari dan mengobati jerawat. Kandungan likopen pada tomat juga dapat menangkal radikal bebas. Cara menggunakan tomat untuk mengatasi kulit belang juga sangat mudah, iris tomat dan gosokkan pada kulit yang belang setelah itu diamkan selama 15 menit dan basuh dengan air dingin. Lakukan hal ini dua kali sehari agar didapatkan hasil yang maksimal.

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung nutrisi alami yang dibutuhkan oleh kulit. Yoghurt efektif untuk mencerahkan kulit dan mengatasi kulit belang.  Caranya lumuri kulit belang dengan yoghurt tanpa pemanis dan diamkan selama 20 menit hingga kering. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Bubuk Kunyit

Sejak dahulu kunyit telah dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan dan obat herbal. Kunyit juga terbukti efektif untuk mengatasi kulit belang akibat paparan sinar matahari. Caranya juga sangat mudah sediakan bubuk kunyit dan air perasan jeruk lemon. Campurkan kedua jenis bahan tersebut hingga  menjadi bentuk pasta. Kemudian oleskan pasta kunyit tersebut pada kulit yang belang. Diamkan selama 20 hingga 30 menit kemudian bersihkan menggunakan air dingin.

5. Susu Cair

Selain ampuh melembutkan kulit, susu cair juga mengandung bahan pemutih alami yang bisa meratakan warna kulitmu. Oleskan susu cair dengan menggunakan kapas ke bagian tubuh yang belang. Diamkan selama 20 menit hingga susu cair meresap sempurna di kulitmu. Setelah 20 menit, kamu bisa membersihkan kulitmu dengan air hangat.

Add a Comment