Kesehatan

Bakteri Listeria, Bakteri Mematikan Yang Mencemari Buah Rock Melon

Primaberita.com –  Bakteri listeria saat ini tengah menjadi buah bibir di media media online ataupun offline. Hingga saat ini sudah tercatat 4 kasus kematian akibat infeksi dari bakteri listeria yang ditularkan melalui buah rock melon.

Listeriosis adalah suatu kondisi dimana makanan menjadi busuk dan beracun akibat bakteri listeria. Bakteri ini ditemukan di tanah ataupun pupuk yang digunakan untuk menyuburkan produk holtikultura. Selain itu bakteri ini juga dapat daging hewan ternak ataupun produk yang mengandung susu dan buah rock melon.

Bakteri ini bisa tumbuh di suhu dingin, sehingga tidak mati dalam penyimpanan di lemari pendingin. Hanya suhu panas saat  dimasak yang bisa membunuhnya. Untuk produk susu, paterurisasi juga bisa mematikannya.

Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi bakteri listeria adalah demam dan nyeri otot, yang diikuti dengan mual dan diare  setelah mengkonsumsi produk seperti rock melon ataupun daging.

Cara pencegahannya cuci bersih makanan seperti sayur, buah atau daging sebelum dikonsumsi dengan air mengalir. Masak sampai matang dengan suhu 75 derajat celcius agar bakteri mati. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan. HIndari konsumsi makanan yang beresiko terkontaminasi bakteri listeria seperti rock melon, salad dingin, seafood mentah dan salmon panggang, produk susu yang tak dipasteurisasi, biji-bijian berkecambah, dan jamur mentah.

Tinggalkan Balasan