Nasional

Mengenang Dakota RI-001 Seulawah, Pesawat Pertama Indonesia Hasil Sumbangan Rakyat Aceh

Primaberita.com – Dakota RI-001 Seulawah adalah pesawat pertama Indonesia yang dibeli atas sumbangan rakyat Aceh di tahun 1948. Disebutkan, warga Aceh menggalang dana selama empat bulan untuk dapat membeli pesawat ini.

Penggalangan dana tersebut merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Aceh karena Indonesia merdeka. Pesawat ini memiliki panjang badan 19,66 meter dan rentang sayap 28.96 meter.

Ketika kemerdekaan berhasil direbut, warga menyambutnya dengan suka cita. Saat ada ajakan untuk patungan membeli pesawat, masyarakat tanpa ragu untuk menyumbang termasuk salah satunya Kakek Sandang yang kini berusia 91 tahun.

“Warga ada yang nyumbang Rp 20, ada yang nyumbang Rp 100. Pokoknya berapa pun yang ada boleh disumbang. Ini tidak ada paksaan. Tapi kaya miskin menyumbang semua,” cerita kakek Sandang.

“Waktu lihat pesawat sudah terbang, kita selalu bilang ‘itu pesawat yang kita beli sudah pulang. Merdeka!’. Tua-muda bersemangat sekali waktu itu,” lanjut kakek Sandang.

Kini setelah 70 tahun berlalu, Dakota RI-001 dipajang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dan hebatnya, pesawat Seulawah ini bukan hanya pesawat pertama, tetapi juga menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan penerbangan pertama di Indonesia.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan