Kesehatan Lifestyle

4 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur Yang Dapat Meningkatkan Resiko Obesitas

Primaberita.com –  Aktivitas di pagi hari dapat menentukan berat badan kamu. Jika kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk saat bangun tidur maka berat badan proporsional hanyalah menjadi angan-angan semata. Aktivitas pagi hari yang buruk dapat meningkatkan resiko obesitas dan mempengaruhi mood. Jika mood pada pagi hari jelek maka hari kamu juga akan terasa buruk.

Kebanyakan orang berpikir jika penyebab mereka mengalami masalah berat badan atau kegemukan adalah karena pola makan yang tidak sehat. Padahal, ada cukup banyak penyebab dari kenaikan berat badan tersebut. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa beberapa kebiasaan di pagi hari  juga bisa membuat kita mengalami masalah berat badan tanpa kita sadari.

Oleh sebab itu membangun semangat di pagi hari sangatlah penting. Kamu akan menjadi lebih semangat untuk menjalani rutinitas harian kamu, dan mengerjakan pekerjaan kamu. Dan jauhi kebisaan – kebiasaan buruk di pagi hari agar hari-hari kamu menjadi lebih indah. Berikut adalah daftar kebiasaan pagi hari yang sebaiknya kamu jauhi.

1. Terlambat Bangun

Normalnya, manusia tidur selama 6-8 jam dalam sehari, jika lebih dari itu maka resiko obesitas akan semakin meningkat. Tidur dalam waktu yang lama akan menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon ini dikenal juga sebagai hormon stress yang dapat membuat kita ingin mengkonsumsi makanan lebih banyak lagi. Dan tentu saja hal ini akan meningkatkan resiko kegemukan.

Selain itu bangun pada pagi hari memiliki banyak manfaat seperti tubuh menjadi segar karena dapat menghirup udara pagi yang bebas polusi dan membuat mental lebih positif.

2. Malas Merapikan Tempat Tidur

Kebiasaan malas merapikan tempat tidur dapat meningkatkan resiko obesitas. karena menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation orang yang rajin merapikan tempat tidur akan memiliki tidur yang lebih berkualitas, dan ini dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga menghindari resiko obesitas.

Selain itu malas membersihkan tempat tidur juga meningkatkan resiko pertumbuhan bakteri dan virus di tempat tidur dan ini akan mengganggu kesehatan kamu. Maka sebaiknya rapikan tempat tidur setiap hari agar terhindar dari penyakit dan obesitas.

3. Membiarkan Kamar Selalu Gelap

Kebiasaan membiarkan kamar selalu gelap dan menghalangi sinar matahari juga dapat meningkatkan resiko kegemukan. Beraktivitas dan bersiap-siap di kamar yang gelap saat pagi tak hanya meningkatkan risiko kegemukan tetapi juga meningkatkan risiko stres, depresi dan bad mood. Untuk itu, penting bagi kamu membuka jendela kamar saat pagi hari dan membiarkan sinar mentari pagi menembus ruang kamar tidurmu.

4. Tidak Sarapan

Tidak sarapan pada pagi hari justru akan meningkatkan berat badan. Melewatkan sarapan juga bisa membuat pikiran jadi kurang fokus, depresi, dan mendorong kebiasaan makan dalam jumlah besar saat sore atau malam. Lebih bahaya lagi, melewatkan sarapan bisa membuat sistem metabolisme dan kesehatan tubuh menurun.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan