Nasional

ATM BRI Bawah Laut Pahawang Mendapatkan Banyak Kritikan Dari Berbagai Kalangan

Primaberita.com –  Ada yang baru di dasar laut Pahawang, lampung, tak hanya menampilkan keindahan bawah laut seperti terumbu karang dan cantiknya ikan ikan yang berenang, kini sudah ada mesin ATM BRI di bawah laut Pahawang.

Bahkan ATM ini sudah masuk rekor MURI, menjadi satu-satunya ATM bawah laut di dunia. Akan tetapi penempatan ATM di bawah laut ini mendapatkan banyak kritikan dari berbagai kalangan karena dianggap dapat merusak ekosistem laut.

Muhammad Reza Cordova, peneliti dari Pusat Penelitian Oseonografi LIPI. Dirinya menganggap  keberadaan mesin ATM tersebut berpotensi merusak terumbu karang dan ekosistem laut.

“Material ATM-nya kan dari besi dan plastik keras, bisa saja nanti hancur pelan pelan dan menjadi sumber mikroplastik. Jadi, itu sampah. Dampaknya memang  tidak bisa dilihat sekarang,” kata Reza.

“Daripada mesin ATM, lebih baik membuat taman koral atau tranplantasi terumbu karang, asalkan ada pengawasan dan pemeliharaan yang ketat dari pengelola agar pengunjung tidak merusak terumbu karang,” tambahnya.

Namun pihak BRI mengaku sudah berkordinasi dengan pemerintahan setempat sebelum meletakkan ATM BRI di bawah laut. Mereka sudah memperhitungkan secara matang mulai dari lokasi penempatan dan lain-lainnya. Sekretaris Perusahaan BRI Bambang Tribaroto mengatakan penempatan ATM tersebut ditujukan untuk mendorong kemajuan ekowisata di Pahawang.

“Terkait ATM bawah laut, hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk memelihara ekosistem bawah laut di Pahawang, karena ketiga mesin tersebut diharapkan bisa menjadi rumpon yang bermanfaat bagi kelestarian lingkungan,” kata Bambang.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan