Lifestyle

5 Bahan Alami Yang Dapat Mengatasi Rambut Kering

Primaberita.com –  Rambut adalah mahkota wanita, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi wanita. Bahkan para wanita melakukan perawatan khusus untuk rambut agar didapatkan rambut yang sehat dan  berkilau. Namun ada banyak permasalahan rambut yang dihadapi wanita, seperti rambut berminyak, lepek, rambut kering atau kusam.

Rambut kering terjadi karena terlalu sering terpapar sinar matahari atau bahkan karena terlalu sering keramas dan salah melakukan perawatan pada rambut. Rambut kering akan mudah rapuh dan bercabang. Dan tentu sangat tidak enak untuk dilihat. Namun ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan kelembaban alami rambut anda, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dan tentu saja aman bagi rambut. Berikut beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi rambut kering.

1. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melembabkan  rambut yang kering. Cara menggunakannya adalah tuang minyak zaitun ke dalam sebuah wadah, dan hangatkan selama beberapa detik. Setelah itu oleskan ke kepala dan rambut secara menyeluruh sambil dipijat secara lembut. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dan keringkan. Lakukan hal ini sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk menembus serat rambut dan memberikan nutrisi di dalamnya. Cara menggunakannya gosokkan minyak kelapa di rambut secara merata dan diamkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas rambut sampai bersih. Lakukan hal ini secara rutin agar di dapatkan hasil yang maksimal.

3. Pisang

Kandungan vitamin B pada pisang sangat ampuh untuk mengatasi rambut kering. Selain itu kadar air kalium yang tinggi pada buah pisang juga dapat melembutkan rambut. Caranya haluskan pisang, kemudian oleskan ke setiap helaian rambut dari pangkal hingga ujung. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan hal ini  secara rutin satu minggu sekali.

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak jenuh, vitamin A dan E, protein, serta berbagai mineral yang dapat memperbaiki kondisi rambut rusak dengan melembapkan dan menguatkan batang rambut. Cara menggunakannya juga sangat mudah, haluskan 1 buah alpukat dan tambahkan dengan 2 sendok minyak zaitun, aduk hingga merata. Setelah itu oleskan secara merata pada rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

5. Lidah Buaya

Kandungan vitamin, mineral dan asam amino pada lidah buaya ampuh untuk mengatasi rambut kering. Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu dapat mengoleskan daging lidah buaya pada rambut, diamkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih. Atau dengan mencampurkan setengah cangkir daging lidah buaya dengan dua sendok teh minyak kelapa. Aduk sampai merata, dan oleskan pada rambut secara merata, kemudian tutup dengan shower cap dan biarkan selama semalaman. Setelah itu bilas rambut sampai bersih. Dan lakukan hal ini secara rutin.

Kamu juga harus memperhatikan setiap perawatan yang kamu lakukan terhadap rambut kamu seperti jangan terlalu sering keramas karena dapat mengurangi minyak alami rambut kamu. Berikut daftar hal-hal yang harus kamu perhatikan agar rambut kamu tetap sehat dan lembut.

  1. Atur Jadwal Keramas
  2. Gunakan Kondisioner Setelah Keramas
  3. Jangan Keramas Dengan Air Hangat
  4. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung
  5. Hindari Pemakaian Hair Dryer Atau Catok Terlalu Sering, Dan Jangan Gunakan Suhu Yang Terlalu Tinggi
  6. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang
  7. Konsumsi Makanan Yang Bergizi
  8. Rutin memotong Rambut, Terutama Bagian Ujung-Ujungnya
Bagikan:

Tinggalkan Balasan