Primaberita.com –¬† Selain digunakan untuk memasak, Ada banyak manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh manusia seperti memelihara kesehatan jantung dan baik untuk kelembaban kulit.

Minyak zaitun mengandung omega 3 dan omega 6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72% kebutuhan harian tubuh. Minyak zaitun juga tidak mengandung kolesterol, karbohidrat dan lemak. Dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak baik.Berikut manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.

1. Mencegah Alzheimer

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik unik oleocanthal dan MCT, yang berpotensi mengurangi resiko penyakit alzheimer.

Di negara wilayah Mediterania yang tingkat konsumsi minyak zaitunnya tinggi, terbukti kasus alzheimer yang menimpa penduduknya lebih rendah di bandingkan dengan wilayah lainnya.

2. Mengobati Rematik

Minyak zaitun dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan sendi akibat rematik, karena omega 3 dan asam lemak yang terkandung di dalamnya dapat menangkal peradangan dalam tubuh.

3. Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Minyak zaitun dapat melindungi tubuh dari ancaman kanker payudara. Hal ini didapatkan setelah dilakukan penelitian terhadap sel kultur sel kanker payudara yang di tetesi minyak zaitun, dan hasilnya minyak zaitun dapat mengurangi aktivitas sel kanker tipe p21Ras, mencegah kerusakan DNA, dan mempercepat  kematian sel tumor.

4. Melawan Kolesterol

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek oksidasi kolesterol LDL. Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

5. Merawat rambut

Antioksidan, vitamin E dan A yang terkandung dalam minyak zaitun dapat memperbaiki kerusakan rambut, seperti rambut bercabang akibat paparan sinar matahari. Selain itu minyak zaitun  menyerap kedalam akar rambut dan kulit kepala yang dapat menjaga batang rambut agar tidak mudah rusak.

Selain itu campuran lemon dan minyak zaitun dapat menghilangkan ketombe. Kandungan asam pada lemon akan mengikis ketombe dan minyak zaitun akan menjaga kelembaban kulit kepala. Minyak zaitun juga dapat melindungi keratin rambut.

6. Mengatasi Masalah Di Kulit

Minyak zaitun juga dapat melembabkan kulit, menyembuhkan gatal, dan iritasi kemerahan. Kandungan oleochantal pada minyak zaitun dapat menghilangkan masalah-masalah kulit akibat peradangan.