Jumat , Desember 14 2018
Home / Health / Ternyata Kebiasaan Ini Memicu Kerontokan Rambut

Ternyata Kebiasaan Ini Memicu Kerontokan Rambut

Primaberita.com – Rambut adalah aset tubuh yang penting terutama bagi wanita. Maka dari itu kesehatan rambut menjadi hal yang harus diperhatikan. Salah satu permasalahan rambut yang sering dihadapi adalah kerontokan. Rambut rontok dapt disebabkan oleh beberapa alasan. Salah satunya karena depresi atau stress. Akan tetpai, tidak hanya itu kebiasaaan sehari-hari juga dapat menjadi pemicu rambut rontok .Berikut beberapa kebiasaan yang menjadi pemicu rambut rontok.

1. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Rambut menjadi lebih rapuh saat basah. Mengeringkan rambut dengan menggosoknya kuat-kuat dengan handuk, lalu menyisirnya dalam keadaan masih basah, bisa mendorong rambut untuk patah.

2. Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Doris Day.Md ahli dermatologi New York city mengatakan “Mengikat rambut terlalu kuat akan merusak folikel rambut,akibatnya rambut menjadi rusak dan menimbulkan bekas luka yang dapat menghancurkan folikel rambut selamanya”. Jika dibiarkan terus-menerus hal ini bisa menimbulkan masalah alopecia, kondisi yang melemahkan folikel rambut secara permanen dan membuat rambut tak mungkin tumbuh lagi.

Baca:  Dampak Negatif Sering Pakai Hair Dryer Dan Catok Rambut !

3. Mandi Dengan Air Panas /hangat

Mencuci rambut dengan air panas/hangat dapat menurunkan produksi minyak alami rambutdan membuat kulit serta pori-pori kepala menjadi kering dan rapuh, yang akhirnya memicu kerusakan akar rambut. Rusaknya akar rambut akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh,  sehingga rambut jadi lebih mudah patah dan rontok.

4. Menggaruk Kepala

Menggaruk kepala akan menimbulkan kerusakan pada kutikula yang akhirnya juga memicu terjadinya kerontokan rambut.

5. Menyisir Dari Atas kebawah

Kebiasaan ini pasti dilakukan semua orang, tapi hal ini justru memperparah kerontokan. Untuk itu sisir terlebih dahulu bagian rambut yang kusut, baru kemudian sisir seluruh rambut, agar meminimalisir kerontokan.

Baca:  Ini 3 Minyak Alami Yang Bisa Perbaiki Rambut Rusak

6. Sering Menggunakan Produk Penata Rambut

Protein yang menumbuhkan rambut dan kutikulanya akan rusak ketika terpapar uap panas dari alat penataan rambut.
“Begitu kutikula ini rusak, keseimbangan kelembabannya akan terganggu dan rambut makin rentan patah,” ujar Dr Bauman.

7. Menggunakan Shampo Yang Berbahan Keras

SLS (sodium lauryl sulfat) membuat sampo memiliki banyak busa. SLS merupakan zat kimia yang memiliki efek pengupasan rambut minyak alami dan memecah protein. Hal ini malah menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, kering, yang mendorong berpotensinya rambut rontok. Maka untuk mengurang kerontokan gunakan sampo yang mengandung bahan alami dengan tingkat pH rendah.

Tinggalkan Balasan