Internasional

Lukis Dirinya Sendiri Tanpa Busana, Paula Modersohn-Becker Jadi Tema Google Doodle Hari Ini

Primaberita.com – Jika anda mengunjungi halaman utama mesin pencari Google hari ini Kamis (2/8/2018), anda akan melihat sesosok wanita yang sedang memegang kanvas untuk melukis. Dia adalah Paula Modersohn-Becker.

Ya, Paula Modersohn-Becker menjadi tema Google Doodle hari ini sebagai peringatan hari lahir wanita berkebangsaan Jerman itu yang ke-142 tahun. Pelukis ekspresionis terkenal yang berasal dari Jerman ini lahir tahun 1876.

Banyak karya lukisan nya yang dinilai sebagai simbol keberanian, ketegasan dan ambisi. Temperamen Modersohn-Becker justru memberi pengaruh positif sepanjang kariernya. Sehingga walau kariernya singkat, dia menghasilkan banyak karya.

Ada satu lukisan milik nya yang paling dikenal. Paula Modersohn-Becker pernah melukis dirinya sendiri tanpa busana. Salah satu dari potret dirinya yang penuh emosional.

Lukisan ini dibuat saat ulang tahun pernikahnnya yang keenam dan juga setahun sebelum ia meninggal dunia. Paula Modersohn-Becker berusia 30 tahun saat ia melukiskan dirinya sendiri pada 25 Mei 1906.

Dalam lukisan tanpa busananya, Paula Modersohn-Becker melukis bukan sekadar potret diri yang tanpa busana (telanjang) melainkan sebuah deklarasi pembebasan. Tidak hanya dari ikatan dan tugas pernikahan. Akan tetapi sebagai gambaran dari apa yang ia rasakan kala itu.

Pada usia 18 tahun, Modersohn-Becker pindah ke Worpswede.Di sana dia bertemu calon suaminya yang juga pelukis, Otto Modersohn. Mereka akhirnya menikah pada 1901. Namun, Paula Modersohn-Becker terus-menerus ingin belajar dan belajar lagi.

Ia pun akhirnya memutuskan pindah ke Paris untuk belajar. Tak mau pergi sendiri mengejar kariernya, Modersohn-Becker membujuk sembari mendesak kekasih hatinya untuk ikut ke Paris. Pada tahun-tahun berikutnya, kehidupan pribadi Modersohn-Becker mengalami banyak perubahan.

Dalam dalam perubahan yang ia alami, justru dijadikan nya sebagai semangat dan menghasilkan 80 lukisan hanya pada tahun 1906.

Setelah cukup dikenal, Paula Modersohn-Becker pun bergabung dengan ekspresionis seperti Pablo Picasso dan Henri Matisse. Dia mengenalkan modernisme pada dunia. Modersohn-Becker sangat dikenal karena tegas menentukan pilihannya sebagai seniman.

Dia perempuan seniman pertama yang menggambarkan tokoh perempuan telanjang. Dia juga berani melukis perempuan yang menyusui anak-anak mereka. Modersohn-Becker gigih menolak pemikiran yang dianut perempuan pada masa itu.

Setahun dalam hingar bingar dan ketenaran, pemilik nama asli Paula Becker ini pun meninggal 30 November 1907 setelah melahirkan anak tunggalnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan