Menpan RB Minta Seleksi Penerimaan CPNS Segera Dilaksanakan

Primaberita.com – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) daerah akan dibuka secara nasional pada tahun 2018 ini. Hal ini di sampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) H. Asman Abnur.

Menurut Asman penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah. Pembukaaan 120 ribu lowongan dilakukan berdasarkan hitungan PNS yang pensiun.

“Tahun 2018, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Insyaallah kita buka pakai metode minus gross. Akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah, per kabupaten dan provinsi,” ujar H. Asman Abnur.

Lebih jauh Asman berharap Pemda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) benar-benar mengkaji kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang dibutuhkan. Ia juga mengatakan empat tahun terakhir, Indonesia sudah melaksanakan moratorium penerimaan CPNS.
Dalam rentang waktu tersebut, sudah ada sekitar 400 ribu PNS yang pensiun. Oleh karena itu kini diperlukan pembukaan penerimaan CPNS untuk mengisi kursi kosong. Asman menegaskan jika peneriman CPNS akan dilakukan secepatnya dan ia meminta untuk lebih mengutamakan penerimaan untuk guru dan bidang kesehatan.

“Kalau tak dilakukan penerimaan PNS akan terjadi ketimpangan pejabat eselon II dan eselon III. Tolong prioritaskan guru dan kesehatan, 2018 mohon kalau bisa awal Januari sudah menerima rencana usulan. Lebih cepat lebih bagus. ” tutup Asman.

Add a Comment