Lifestyle

Bukan Sydney, Ini Tiga Tempat Pertama Yang Merayakan Malam Tahun Baru

Primaberita.com – Perayaan malam tahun baru di setiap negara memang selalu meriah di setiap tahun nya termasuk di Indonesia sendiri. Namun berbicara perayaan tahun baru, daerah atau negara manakah yang lebih dulu merayakan nya berdasarkan zona waktu?

Jika pesta kembang di atas Sydney Harbour sebagai simbol dimulainya festival Tahun Baru secara global, namun ternyata bukan daerah itu yang pertama kali merayakan pergantian tahun. Tempat pertama yang merayakan Tahun Baru adalah Tonga, Samoa, dan Kiribati atau Christmas Island.

Ketiga tempat itu akan membunyikan lonceng pergantian tahun pada pukul 10 am GMT pada 31 Desember. Setelah Tahun Baru di tiga lokasi itu, barulah pergantian tahun pun bergulir ke seluruh penjuru dunia.

Tempat kedua yang merayakan Tahun Baru ialah Kepulauan Chatham di Selandia Baru, kemudian diikuti sebagian wilayah Rusia dan Australia. Sementara itu tempat ketiga yang merayakan Tahun Baru adalah Wellington, Tonga , Tokelau, Fiji, Antartika-Kutub Selatan, McMurdo, dan Phoenix Islands.

Dilanjutkan ke daerah Chukotka dan Kamchatka di Rusia, Kepulauan Marshall, Wallis dan Futuna. Setelah itu barulah Sydney, Melbourne, Canberra, Hobart di Australia, Kepulauan Solomon, Papua Nugini, Srednekolymsk di Rusia, Pulau Norfolk di Australia.

Sekedar informasi, Indonesia berada di urutan kesembilan bersama dengan beberapa negara lain seperti Jepang, Korea Selatan (Korsel), dan Timor Leste. Beberapa negara di Eropa berada di urutan ke-25 dalam merayakan malam pergantian tahun seperti Inggris, Portugal, Irlandia, Eslandia.

Tempat terakhir yang merayakan malam pergantian tahun adalah pulau kecil yang dalam kontrol Amerika Serikat seperti Pulau Baker dan Pulau Howland. uniknya kedua tempat itu hanya berjarak 558 mil dari Tonga yang merupakan tempat pertama merayakan malam pergantian tahun.

Tinggalkan Balasan