Ternyata Hal ini Bisa Sebabkan Sakit Kepala Sebelah, Tidak Disangka

hal sebabkan sakit kepala sebelah

PrimaBerita – Biasanya orang dewasa sering mengalami masalah sakit kepala. Keluhan sakit kepala tersebut orang dewasa alami mulai dari intesitas yang ringan hingga berat. Mungkin ada yang belum mengetahui beberapa hal yang bisa sebabkan sakit kepala sebelah.

Meski dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan medis, akan tetapi ada beberapa yang harus membutuhkan pertolongan dokter. Tidak jarang orang mengeluhkan sakit kepala hanya pada satu sisi atau sakit kepala sebelah. Karena penyebabnya belum tentu migrain sebaiknya anda ketahui agar penanganannya tepat.

Berikut Hal yang Bisa Sebabkan Sakit Kepala Sebelah :

Migrain dan sakit kepala cluster

Penderita akan mengeluhkan nyeri berdenyut yang parah pada sekitar pelipis, mata, hingga menyebar ke seluruh kepala. Biasanya Migrain berlangsung selama 4 hingga 72 jam.

Sementara itu, sakit kepala cluster, juga memiliki gejala yang hampir mirip dengan migrain. Penderita dapat menyebabkan rasa sakit yang parah pada satu bagian sisi kepala. Biasanya terasa pada sekitar mata. Intensitas sakit yang penderita rasakan bisa jadi sangat hebat, tajam, ada sensasi terbakar, bahkan terasa seperti tertusuk. Durasi serangan sakit kepala cluster terjadi selama 4 sampai 12 minggu. Serangannya dapat terhenti sementara waktu, namun, ada kemungkinan dapat kambuh lagi.

Tekanan darah tinggi dan stroke

Menurut American Heart Association (AHA) pada laman Everyday Health, seseorang yang mengalami hipertensi atau tekanan arah tinggi juga berisiko mengalami serangan sakit kepala sebelah.

Jika mengalami hal yang demikian dan sampai mimisan, maka jangan menunda untuk mencari pertolongan medis. Hipertensi dan sakit kepala sebelah terkadang juga bisa menjadi salah satu tanda awal terjadinya serangan stroke. Gejala tersebut perlu anda periksa lebih lanjut,

Alergi dan infeksi

Jika sakit kepala sebelah yang kamu rasakan karena proses reaksi alergi, maka anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi kira-kira bahan alergen apa yang menjadi pencetusnya.

Bisa jadi karena debu, polutan, serbuk bunga, jenis makanan tertentu, obat-obatan tertentu, dan lain sebagainya. Jika anda sudah tahu apa saja penyebabnya, maka anda dapat menghindarinya, sehingga gejala yang muncul akan berangsur hilang.

Gegar otak

Melansir laman Cognitivefxusa, sensasi sakit kepala pasca trauma pada kepala, akan terasa sangat berbeda dari sakit kepala yang penyebabnya faktor lainnya. Setelah mengalami gegar otak biasanya pasien juga mengalami masalah dengan penglihatannya seperti lebih sensitif terhadap cahaya, timbul masalah dengan penglihatan tepi, atau mengalami kesulitan untuk fokus.

Tumor otak

Melansir laman Hopkins Medicine, pada dasarnya tumor otak tidak akan menyebabkan sakit kepala. Sebab, otak tidak memiliki kemampuan merasakan rasa sakit. Akan tetapi, ketika volume tumor menjadi cukup besar, hal itu berisiko menekan pembuluh darah atau saraf-saraf tertentu, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

Jika anda mengalami keluhan sakit kepala sebelah dengan disertai gejala penglihatan menjadi kabur, perut terasa mual, dan gejala lainnya, maka segeralah untuk mencari bantuan medis.

Add a Comment