Makanan Alami Untuk Mencegah Batu Ginjal, Mudah Ditemukan

makanan mencegah batu ginjal

PrimaBerita – Batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan karena endapan keras dari mineral yang terbentuk dalam ginjal. Penyakit ini biasanya memiliki ciri-ciri sering buang air kecil, saat buang air kecil terasa sakit dan panas, nyeri bagian punggung, dan bisa sampai demam atau mual. Ada beberapa makanan alami untuk mencegah batu ginjal terjadi pada anda.

Penyebab penyakit batu ginjal bisa karena berat badan berlebih atau kurang mengonsumsi air putih. Kemudian, batu ginjal dapat anda sembuhkan dengan cara mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter sampai tindakan bedah. Namun sebelum mengalami batu ginjal, alangkah baiknya jika mencegah penyakit tersebut dengan mengonsumsi makanan-makanan ini.

Berikut Makanan Alami Untuk Mencegah Batu Ginjal :

Semangka

Selain menyegarkan karena memiliki kandungan air yang banyak, buah ini dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Kalium dalam semangka dapat menjadi pelarut batu ginjal dan mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Apel

Hampir sama dengan buah lain, apel mengandung sedikit oksalat. Mengonsumsi buah apel adalah pilihan yang tepat untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Lemon

Buah lemon mengandung asam sitrat yang bisa menghentikan pembentukan batu ginjal dan dapat membantu memecah batu yang sudah terbentuk. Anda bisa menambahkan lemon ini pada minuman anda.

Anggur

Anggur adalah makanan yang lebih sedikit mengandung oksalat. Oksalat sendiri adalah kandungan pada makanan-makanan tertentu yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Pisang

Pisang kaya akan vitamin B6. Vitamin ini dapat mencegah pembentukan oksalat yang menyebabkan terbentuknya kristal di dalam ginjal. Kamu dapat mengonsumsi pisang setiap hari.

Sayuran silangan

Sayuran yang kaya potasium seperti brussel, brokoli, dan kangkung mengurangi kehilangan kalsium dan menghentikan pembentukan batu ginjal. Makanan ini juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit lain seperti kanker kandung kemih, prostat, dan ginjal.

Biji-bijian utuh

Karena salah satu pemicu batu ginjal adalah berat badan maka ada baiknya anda mengonsumsi biji-bijian utuh. Sebagian besar biji-bijian berkontribusi pada berat badan yang sehat yang membantu dalam pencegahan dan pengobatan batu ginjal.

Kalsium

Makanan yang kaya akan kalsium seperti susu dan yogurt dapat menurunkan risiko pembentukan batu ginjal. Selain itu, susu dan yogurt dapat menguatkan tulang.

Melon

Dilansir dari webmd.com, melon adalah salah satu buah yang dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Sama dengan anggur dan pisang, melon rendah akan oksalat yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Mentimun

Selanjutnya adalah mentimun. Selain dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Mentimun dapat membersihkan ginjal dan melarutkan batu ginjal lho. Kamu bisa menyantapnya menjadi lalapan yang segar.

Kubis

Kubis adalah salah satu makanan yang juga dapat mencegah batu ginjal. Kandungan oksalat yang rendah dalam kubis dapat kamu konsumsi guna mencegah terjadinya penyakit ini.

Add a Comment