Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Bikin Orang Sulit Kaya, Ini Kiatnya!

kesalahan mengelola keuangan

PrimaDaily – Kesalahan dalam mengelola keuangan dapat membuat orang sulit kaya. Terutama ketika masih muda. Sebab masa muda adalah waktunya untuk lebih banyak menabung karena tenaga masih kuat. Apalagi jika belum menikah dan bekerja dengan gaji yang cukup bagus.

Tidak semua orang yang bekerja bisa memiliki aset atau tabungan. Kebanyakan dari mereka masih suka berbelanja. Bahkan tidak bisa menahan gaya hidup yang berlebihan. Nah, agar hal tersebut tidak sampai terjadi kepada anda, berikut ini ada kiat mengelola keuangan yang baik supaya bisa kaya saat usia masih muda.

  1. Hindari Pengeluaran yang Berlebihan

Kesalahan dalam mengelola keuangan yang pertama yaitu menghindari pengeluaran yang berlebihan. Mungkin tampak sepele namun anda memang harus menghindarinya. Sebagai contoh dan pertimbangan buat anda adalah perihal membeli makanan mahal dan kebiasaan menonton bioskop. Jika hal ini terus-terusan anda lakukan maka dapat menghabiskan gaji sebulan dalam waktu singkat.

  1. Keluarkan Uang Sesuai dengan Kebutuhan

Jangan pernah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak anda butuhkan supaya tujuan anda menjadi kaya dapat tercapai. Tanyakan kepada pribadimu apakah anda harus terus membayar biaya langganan fasilitas setiap bulan? Misalnya langganan televisi kabel, aplikasi musik berbayar, ataupun keanggotaan gym mewah. Lalu seimbangkan dengan pendapatan agar keuangan selalu stabil. Sehingga anda juga bisa menabung sedikit demi sedikit.

  1. Usahakan Untuk Tidak Pernah Hidup dengan Uang Pinjaman

Upayakan semaksimal mungkin agar tidak pernah hidup dengan uang pinjaman alias berhutang. Karena berhutang secara terus menerus demi gaya hidup yang terbilang mewah hanyalah merusak kondisi keuangan anda. Hiduplah apa adanya menyesuaikan pendapatan.

  1. Jangan Melakukan Investasi Karena Ikut-ikutan

Jangan melakukan kegiatan investasi hanya karena ikut-ikutan dengan teman atau tetangga. Sebaliknya lakukanlah berinvestasi jika itu berasal dari niat anda sendiri. Pasalnya sekarang ini banyak orang yang tertarik dengan iming-iming keuntungan yang berlimpah ruah hanya dalam waktu sekejap. Untuk itu cermat dalam berinvestasi dan lakukan sesuai dengan niat yang terencana sedemikian rupa.

  1. Harus Punya Tujuan

Tentunya, bekerja harus punya tujuan. Mempunyai tujuan dalam keuangan akan memacu seseorang untuk semangat menabung. Jadi tentukan tujuan dengan jelas. Contohnya memiliki mobil dalam satu atau dua tahun ke depan.

Sumber artikel: Primadaily.comKesalahan dalam Mengelola Keuangan Bikin Orang Sulit Kaya, Ini Kiatnya!.

Add a Comment