Cara Mudah Menghadapi Orang yang Suka Berbohong

PrimaBeritaBohong adalah pernyataan yang salah yang seseorang lakukan dengan tujuan pendengar percaya. Fiksi meskipun salah, tetapi bukan bohong. Orang yang berbicara bohong dan terutama orang yang mempunyai kebiasaan berbohong disebut pembohong. Ada beberapa cara mudah menghadapi orang yang suka berbohong.

Berbohong merupakan tindakan yang tidak terpuji oleh sebab itu harus anda hindari. Dengan berbohong, anda bisa kehilangan kepercayaan yang seseorang berikan.  Jika teman atau seseorang yang anda kenal suka berbohong, sebaiknya lakukan suatu hal agar anda tidak ia remehkan.

Berikut Cara Mudah Menghadapi Orang yang Suka Berbohong :

Yakin Bahwa Ia Sedang Berbohong

Sebaiknya pastikan bahwa ia memang berbohong berdasarkan fakta-fakta yang anda ketahui. Kemudian anda bisa melihat kebohongan apa yang ia lakukan. Jika ia melakukan white lies yang sederhana seperti ia menyukai film yang anda pilih, anda bisa langsung melupakannya. Namun jika ia berbohong seperti selingkuh, sebaiknya langsung bicarakan saja.

Siapkan Bukti

Untuk menyerang si pembohong, anda harus memiliki bukti yang kuat. Pembohong yang ulung bisa membasmi bukti anda jika bukti anda hanyalah semata-mata atau bukti yang tidak jelas. Oleh karena itu sebelum menghadapi si pembohong ada baiknya anda mengumpulkan bukti terlebih dahulu dan jangan ragu untuk mempertahankan argumen.

Ketika bukti yang ada siapkan cukup jelas, ada baiknya untuk membicarakannya secara baik-baik daripada harus meluapkan amarah ataupun emosi.

Hati-hati dengan Sikap Manipulatifnya

Jika ia adalah pembohong yang handal, ia akan berusaha untuk memutarbalikkan perkataan anda dan fakta yang ada. Jangan sampai ia malah menyerang anda balik untuk menutupi kebohongannya.

Anda juga tidak perlu untuk berbasa-basi, anda harus menanyakan langsung kepadanya dengan memberikan pertanyaan yang spesifik. Seperti melansir dari Forbes, bertanya secara spesifik merupakan hal yang efektif untuk menggali informasi yang anda butuhkan dalam waktu yang lebih singkat.

Memaklumi Kebohongannya

Jika anda memiliki rencana masa depan bersama, ingatlah bahwa anda tidak bisa hidup selamanya dengan kebohongan-kebohongan yang ia katakan. Beritahu ia bahwa anda tidak akan memberi toleransi terhadap kebohongan.

Bila perlu Rekam Percakapan

Orang yang berbohong cenderung mengatakan hal yang berbeda dari apa yang pernah ia katakan sebelumnya. Jadi, jika anda membutuhkan bukti tambahan bahwa ia sedang berbohong, anda bisa merekam percapakan kalian.

Add a Comment