7 Cara Meningkatkan IQ Seseorang

cara meningkatkan IQ

PrimaDaily – Cara meningkatkan IQ menjadi pilihan tepat untuk orang yang ingin terus maju. Karena itu ia akan terus belajar dan belajar. Jadi anda jangan merasa kecil hati dulu bila saat ini memiliki IQ yang rendah.

Memiliki IQ yang rendah bukanlah akhir dari segalanya. Pasalnya angka IQ sejatinya bukanlah satu-satunya faktor keberhasilan seseorang. Masih ada faktor lain yang bisa mendukung anda terus maju dan sukses.

Namun jika anda ingin meningkatkan IQ, cobalah usahakan beberapa cara berikut ini.

7 Cara Meningkatkan IQ

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi sangat berkontribusi membentuk kecerdasan otak. Anda bisa memilih ragam jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3, flavonoid, protein, serta berbagai vitamin dan mineral.

  1. Melatih Otak Melalui Permainan

Anda juga bisa melatih otak anda melalui permainan yang mengasak otak (brain games). Contohnya teka-teki silang, sudoku, maupun puzzle. Aktivitas ini juga dapat melatih daya ingat.

  1. Memainkan Alat Musik

Belajar alat musik ternyata turut membantu anda untuk meningkatkan IQ. Menurut penelitian, memainkan alat musik dapat melatih kemampuan sensoris dan berpikir, daya ingat, persepsi pendengaran, serta koordinasi fisik. Belajar alat musik juga tidak harus untuk menjadi musisi yang handal.

  1. Mempelajari Bahasa Asing

Bahasa asing bukan hanya membantu seseorang untuk bepergian ke luar negeri atau berinteraksi dengan WNA tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan. Beberapa studi menyatakan bahwa orang yang bilingual terlihat memiliki IQ dan kemampuan belajar yang lebih baik ketimbang mereka yang hanya bisa berkomunikasi dengan 1 bahasa.

  1. Membaca Buku

Ada pepatah mengatakan buku adalah jendela ilmu. Dengan banyak membaca maka wawasan pun semakin bertambah. Jadi ketika anda membaca buku, anda akan mencoba mengikuti alur cerita, membayangkan, memahami, hingga akhirnya mengambil kesimpulan dari apa yang anda baca. Meski cara ini termasuk cara klasik akan tetapi fungsi otak pun semakin terjaga.

  1. Mengikuti Kursus

Pendidikan dalam bentuk apapun sangat berguna bagi hidup masing-masing orang. Pendidikan juga sangat penting untuk mengembangkan kecerdasan IQ. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengikuti pendidikan formal selama 1 tahun dapat meningkatkan skor IQ hingga 5 poin. Apalagi jika anda menambahnya dengan mengikuti kursus dan berpartisipasi ikut seminar.

  1. Melakukan Sosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial, oleh sebab itu penting untuk saling bertukar pikiran. Ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ). Bersosialisasi secara aktif dapat merangsang pikiran serta kemampuan berpikir.

Sumber artikel: Primadaily.com7 Cara Meningkatkan IQ Seseorang.

Add a Comment