Waspadai, Tanda-tanda Kelebihan Gula Darah yang Mungkin Dialami

tanda-tanda kelebihan gula darah

PrimaBerita – Jika kadar gula anda tinggi sebaiknya jangan pernah remehkan. Pasalnya kondisi ini merupakan penyebab utama penyakit kronis atau diabetes.  Untuk itu kenali tanda-tanda kelebihan gula darah yang mungkin saja anda alami.

Melansir dari Medicinet, kadar gula darah normalnya itu sekitar 70-100 mg/dL sebelum makan. Sedangkan setelah makan seharusnya kurang dari 180mg/dL. Kadar gula darah pengidap diabetes sering meroket ini sering dialami. Penyebabnya bisa karena lupa atau tidak mengonsumsi obat penurun glukosa atau menyuntikkan insulin.

Selain kedua obat tersebut, kurangnya aktivitas fisik, stres, infeksi, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dapat menjadi penyebab naiknya kadar gula darah.

Berikut Tanda-tanda Kelebihan Gula Darah :

Kelaparan

Jika kadar glukosa kacau maka bisa menimbulkan siklus kelaparan pada saat tubuh sedang mencoba mengembalikan kadar gula darah ke kondisi normal.

Kadar glukosa yang rendah memang bisa membuat nafsu makan seseorang meningkat, tapi kadar gula darah yang tinggi juga demikian. Seseorang akan sulit merasakan rasa kenyang ketika kadar gula darahnya melonjak.

Gerak Tubuh Lebih Lamban

Pernahkah anda merasa badan anda jadi lebih lamban dari biasanya. Bila hal ini sering anda alami bisa jadi tanda bahwa anda memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Gula darah yang tinggi ini menimbulkan lonjakan insulin yang menimbulkan berbagai masalah pada tubuh. Salah satunya, energi menjadi tidak stabil.

Ketika tubuh anda terlalu banyak mengonsumsi gula, level gula darah juga semakin tinggi, sehingga terjadilah pasang-surut energi.

Kulit Bermasalah

Menurut ahli dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, AS, seperti melansir dari situs Self, sebagian orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap lonjakan insulin. Kadar gula darah yang tinggi ini bisa menyebabkan sederet masalah bagi kulit.

Melonjaknya insulin ini yang memicu hormon lainnya yang bisa menimbulkan masalah kulit. Contoh paling sederhananya adalah pertumbuhan jerawat.

Mengidam Makanan Manis

Anda sering mengidam makan makanan manis? atau merasa kesulitan untuk berhenti ketika sedang mengasup makanan atau minuman manis. Ini merupakan tanda anda telah kelebihan gula darah.

Penjelasan dalam buku The Sugar Detox: Lose Weight, Feel Great and Look Years Younger, menunjukkan semakin banyak gula yang dikonsumsi, maka semakin bertambah pula keinginanmu untuk mengonsumsinya. Penyebab hal ini adalah  karena kurangnya gula darah atau selera seseorang. Namun, makanan manis bisa membuat seseorang ketagihan karena kandungan yang terdapat dalamnya.

Add a Comment