Waspadai, Cuaca Dingin Bisa Sebabkan Angin Duduk

cuaca dingin sebabkan angin duduk

PrimaBerita – Angin duduk atau Angina pektoris adalah rasa nyeri atau tidak nyaman pada dada akibat kurangnya pasokan darah menuju otot jantung. Cuaca dingin bisa sebabkan angin duduk patut untuk anda waspadai.

Berikut Alasan mengapa Cuaca Dingin Bisa Sebabkan Angin Duduk

Memang tidak secara langsung menjadi penyebab angin duduk. Namun, keduanya saling berhubungan karena perubahan cuaca juga dapat memengaruhi pelebaran dan penyempitan pembuluh darah.

Pada orang yang rentan mengalami angin duduk, kondisi ini bisa membahayakan jiwa. Penderita penyakit jantung koroner memiliki pembuluh darah yang menyempit akibat tumpukan lemak. Akibatnya, aliran darah menuju jantung terhambat dan memicu nyeri dada.

Saat cuaca tidak normal, pembuluh darah akan semakin menyempit sehingga pasokan darah menuju jantung dan organ vital lainnya semakin berkurang. Bila terus belanjut, oksigen dan makanan yang organ butuhkan tidak tersalurkan, maka akan menimbulkan risiko angin duduk.

Selain memicu penyempitan pembuluh darah, juga dapat menimbulkan tekanan pada jantung dan pembuluh darah. Akibatnya, Anda juga berisiko mengalami gangguan lain pada organ-organ yang tergabung ke dalam sistem peredaran darah. Inilah mengapa penderita penyakit jantung dan gangguan katup jantung harus sangat berhati-hati.

Berikut Tips yang perlu anda lakukan untuk mengatasinya : 

  • Jangan terlalu lama berada di luar rumah

Apabila Anda harus bepergian dalam waktu lama, gunakan pakaian tebal atau berlapis yang dapat menghangatkan seluruh tubuh termasuk kepala, tangan, dan kedua kaki Anda.

Selama berada dalam rumah, Anda pun harus menjaga tubuh tetap aktif. Cobalah untuk bergerak setidaknya setiap satu jam sekali dan jangan terpaku dalam posisi duduk terlalu lama.

  • Jalani pemeriksaan kesehatan secara rutin

Pastikan bahwa tekanan darah, kadar kolesterol, dan aspek sejenisnya yang dapat menjadi penyebab angin duduk berada dalam rentang yang aman.

  • Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat

Untuk sementara, kesampingkan terlebih dulu pekerjaan rumah yang membuat Anda sesak napas, latihan kebugaran yang membuat Anda banjir keringat, atau aktivitas lainnya yang dapat memperberat kerja jantung Anda.

  • Kenali gejala pada tubuh Anda

Jika Anda mengalami nyeri dada, sesak napas, atau detak jantung yang tidak teratur, segera periksakan ke dokter selagi sempat. Ajaklah salah seorang kerabat atau keluarga untuk menemani Anda sekaligus mengantisipasi kemungkinan komplikasi.

  • Hangatkan tubuh saat berada dalam rumah

Agar kondisi ini tidak menjadi penyebab angin duduk, Anda dapat mengenakan pakaian dengan bahan yang lebih tebal serta menggunakan selimut saat tidur. Namun, jangan menghangatkan tubuh secara berlebihan karena hal ini dapat memicu penurunan tekanan darah secara drastis.

Add a Comment