Makanan Sehat untuk Menyembuhkan Wasir atau Ambeien

makanan sehat untuk wasir

PrimaBerita – Saat anda merasakan nyeri pada anus bisa jadi pertanda bahwa anda mengalami penyakit wasir atau ambeien. Makanan sehat adalah pilihan yang tepat untuk menyembuhkan wasir ini.

Wasir atau ambeien sendiri dalam bahasa medis adalah hemoroid, adalah suatu kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah yang berlokasi pada sekitar anus.

Kondisi tersebut bisa terjadi akibat mengejan terlalu keras, duduk terlalu lama, obesitas, kehamilan, atau kurang konsumsi makanan berserat.

Memang pada umumnya wasir akan menghilang dengan sendirinya namun tidak menutup kemungkinan bahwa wasir ini mengganggu aktivitas penderitanya. Oleh karena itu akan lebih baik jika anda mengatasinya segera.

Berikut Makanan Sehat untuk Menyembuhkan Wasir atau Ambeien :

Yoghurt

Menurut penelitian yang University of Maryland Medical Center lakukan, yoghurt dapat mencegah sekaligus mengobati wasir. Hal ini karena makanan fermentasi tersebut mengandung probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan dan membantu fungsi kerja usus. Sebaiknya konsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif seperti lactobacillus bifidus agar lebih efektif.

Brokoli

Serat pada brokoli yang tinggi dapat membantu merangsang pergerakan usus sehingga Anda akan lebih mudah buang air besar. Oleh karena itu, brokoli yang anda konsumsi secara rutin dan teratur dapat membantu mencegah sekaligus mengobati penyakit wasir yang Anda alami

Seledri

Dengan mengonsumsi seledri yang mengandung serat dan air dalam kadar yang tinggi dengan jumlah yang tepat setiap hari. Pergerakan usus akan menjadi lebih optimal sehingga buang air besar juga akan lebih lancar. Adanya manfaat tersebut membuat seledri termasuk sebagai makanan penyembuh wasir.

Pisang

Kandungan serat pektin dan pati dalam buah pisang terbukti berperan aktif dalam mencegah sekaligus mengurangi keparahan gejala wasir atau ambeien yang Anda alami.

Apel

Apel mengandung serat yang tinggi mampu membuat tekstur feses menjadi lebih lunak sehingga dapat mencegah sekaligus mengobati gejala ambeien yang anda alami.

Pastikan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya agar manfaatnya lebih terasa. Namun pastikan untuk mencuci apel dengan air mengalir, agar kotoran yang menempel sepenuhnya hilang.

Legum

Legum atau polong-polongan, seperti lentil, kedelai, kacang tanah, dan buncis adalah makanan berserat tinggi yang dapat membantu mencegah sekaligus mengatasi wasir atau ambeien.

Gandum

Biji gandum mengandung komposisi serat yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum, saluran pencernaan Anda akan lebih sehat dan feses pun akan lebih mudah untuk keluar.

Popcorn

Popcorn mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Untuk merasakan manfaat tersebut, hindari menambahkan garam atau mentega ke dalam popcorn yang Anda konsumsi.

Ubi

Ubi juga bisa anda jadikan sebagai pengganti nasi. Jenis umbi-umbian yang satu ini bahkan dapat membantu merangsang kelancaran buang air besar.

Add a Comment