Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol, Patut Dikonsumsi

buah menurunkan kolesterol

PrimaBerita – Menerapkan pola makan yang sehat dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Salah satunya adalah rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Kolesterol tinggi bisa memicu aterosklerosis (penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah arteri) yang bisa memicu sakit dada, stroke, hingga serangan jantung.

Berikut Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol :

Apel

Menurut studi kecil pada tahun 2019, mengonsumsi dua apel sehari dapat mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, buah apel juga mampu menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah. Satu buah apel bisa mengandung 3–7 gram serat makanan, tergantung ukurannya. Apel juga mengandung senyawa yaitu polifenol, yang mungkin juga berdampak positif pada kadar kolesterol.

Alpukat

Alpukat kaya nutrisi yang menyehatkan jantung. Sebuah studi tahun 2015 menyimpulkan, makan satu buah alpukat sehari sebagai bagian dari diet lemak sedang, serta mampu menurunkan kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut studi, buah alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Satu cangkir, atau 150 gram alpukat mengandung 14,7 gram lemak tak jenuh tunggal yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, serta membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun sebaiknya jangan berlebihan ketika mengonsumsi alpukat.

Berry dan anggur

Berry dan anggur banyak mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat larut ini mendorong tubuh untuk membuat kolesterol dan menghentikan hati memproduksi senyawa ini.

Mengandun senyawa yaitu pektin yang dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Anggur dan berry juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya karena efek antioksidan dan antiinflamasi dalamnya.

Menariknya lagi, asupan anggur dan berry juga mampu membantu meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan kolesterol LDL.

Jambu biji

Buah ini dapat melindungi jantung terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Jambu biji kaya akan kalium yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Pepaya

Pepaya tidak hanya baik bagi kesehatan sistem pencernaan saja, buah ini juga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Mengandung antioksidan, seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan vitamin C dan E dalam pepaya juga dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah.

Pir

Buah pir mengandung pektin atau serat yang mampu mengikat dan membuang kolesterol dalam tubuh. Kolesterol jahat ini nantinya dibuang melalui urine atau feses.

Kadang kala pengidap kolesterol tinggi perlu mengonsumsi obat-obatan yang dokter resepkan. Oleh sebab itu, tanyakan pada dokter bila kadar kolesterol tubuh semakin meningkatkan atau tak terkontrol.

Add a Comment