Awas ! Jenis Ikan ini Berbahaya Jika Dikonsumsi, Mematikan Manusia

jenis ikan berbahaya

PrimaBerita – Meski ikan bisa anda konsumsi namun tidak semua jenis ikan bisa diolah karena beberapa ikan memiliki racun yang bisa membunuh. Untuk itu jangan pernah konsumsi jenis ikan secara sembarangan.

Ada beberapa ikan yang paling populer untuk anda konsumsi yaitu salmon, kakap, gurami, mujair, dan masih banyak lagi. Memang, setiap daging ikan mempunyai rasa khas tersendiri. Namun, tidak semua ikan dapat anda makan. Ada beberapa spesies ikan yang tidak dapat dimakan karena dapat berbahaya bagi manusia.

Berikut Jenis Ikan ini Berbahaya Jika Dikonsumsi, Mematikan Manusia :

Ikan todak

Ciri utama dari ikan todak adalah paruhnya yang panjang dan pipih. Mereka biasanya bisa anda temukan pada perairan yang beriklim sedang dan tropis dalam Samudra Pasifik, Hindia, dan Atlantik. Ikan todak merupakan salah satu jenis ikan predator.

Jika ikan ini tidak mengandung merkuri dalam tubuhnya kemungkinan tidak akan berbahaya.. Sayangnya, karena ikan ini merupakan ikan predator, tidak heran jika banyak ikan jenis ini yang mengandung merkuri. Secara alami, memakan jenis ikan yang mengandung merkuri akan membuat seseorang yang memakannya akan terkontaminasi

Ikan sea bass chili

Banyak mengenal jenis ikan ini sebagai ikan gigi Patagonian. Spesies ini banyak yang menangkapnya sehingga sekarang menghadapi resiko kepunahan. Biasanya, ikan ini merupakan predator laut dalam yang memakan ikan lainnya  sana.

Ikan ini merupakan salah satu ikan yang harus Anda hindari untuk anda konsumsi. Penyababnya adalah karena ikan ini merupakan salah satu ikan dengan tingkat merkuri tertinggi, terutama karena makhluk laut yang ia makan pada saat berada dalam dasar laut,  melansir Just For Fishing.

Ikan belut listrik

Ikan belut listrik merupakan ikan yang dapat menghasilkan tegangan sebesar 500 volts. Tegangan ini merupakan tegangan yang cukup besar, dan dapat membuat orang yang terkenanya jatuh pingsan. Melansir National Geographic, sangat jarang kematian yang akibatnya karena lele belut.

Tegangan yang kuat ini dapat menyebabkan gagal pernafasan atau gagal jantung. Sebenarnya, belum ada studi lebih lanjut mengenai apakah ikan ini aman atau tidak untuk manusia konsumsi. Namun, ikan ini mempunyai daging yang sangat sedikit tapi mempunyai risiko yang sangat besar.

Ikan barakuda

Ikan jenis ini sudah terkenal sebagai salah satu ikan ganas dalam samudra. Hal ini karena ikan barakuda memiliki gigi tajam pada sepanjang mulut besarnya.

Mengonsumsi hewan ini tentu sangat berbahaya untuk manusia karena mengandung ciguatoxin yang dapat menyebabkan keracunan pada tubuh manusia. Melansir Science Direct, penyakit yang penyebabnya adalah karena racun tersebut antara lain muntah, nyeri otot, hingga kesemutan pada kaki dan tangan.

Ikan puffer

Ikan puffer merupakan salah satu anggota dari sekitar 90 spesies ikan dari famili Tetraodontidae, yang terkenal dengan kemampuannya ketika anda ganggu untuk mengembang sedemikian rupa dengan udara dan air sehingga mereka menjadi berbentuk bola.

Jenis ini biasanya bisa anda temukan pada daerah yang hangat dan beriklim sedang seluruh dunia. Mereka memiliki kulit yang keras, biasanya berduri dan gigi menyatu yang membentuk struktur seperti paruh dengan belahan tengah setiap rahang.

Banyak spesies dari ikan ini yang beracun yaitu mengandung tetraodontoksin, yang terkonsentrasi secara khusus pada organ dalam. Meski zat ini bisa menyebabkan kematian, ikan terkadang bisa manusia olah sebagai makanan seperti Jepang.

Add a Comment