Tanpa Obat, Begini Cara Menyembuhkan Sakit Migrain

cara menyembuhkan sakit migrain

PrimaBerita – Saat kepala sakit seperti migrain, biasanya orang akan langsung meminum obat pereda nyeri atau jenis obat lainnya yang bisa menghilangkan sakit kepala. Jika anda tidak ingin mengonsumsi obat ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan sakit migrain.

Migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut, dan biasanya terjadi pada satu sisi kepala saja. Migrain merupakan penyakit saraf, yang dapat menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara. Serangan migrain dengan rasa nyeri yang mengganggu dapat berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari.

Berikut Cara Menyembuhkan Sakit Migrain tanpa obat :

Menggunakan Air Es

Anda bisa menyembuhkan migrain dengan menggunakan air es dengan cara meletakkan kompres pada bagian dahi. Bungkus es batu dengan handuk untuk kompres atau mandi dengan air dingin meredakan rasa sakit. Biarkan atau kompres kepala selama 15 menit, lalu istirahat selama 15 menit.

Menggunakan Bantalan Pemanas atau Kompres Panas

Jika mengalami sakit kepala tegang, letakkan bantal pemanas pada leher atau bagian belakang kepala. Jika mengalami sakit kepala sinus, tempelkan kain hangat ke area yang sakit. Mandi air hangat juga bisa membantu.

Mengurangi Tekanan pada Kulit Kepala

Dengan mengurangi tekanan kepala seperti kuncir rambut terlalu kencang bisa menyebabkan sakit kepala. Tidak hanya itu, penggunaan topi, ikat kepala atau bahkan kacamata renang yang terlalu ketat juga bisa memicu sakit kepala. Ada baiknya mengindari hal tersebut untuk membantu penyembuhan lebih cepat.

Meredupkan Pencahayaan

Cahaya terang atau berkedip-kedip, bahkan dari layar komputer dapat menyebabkan sakit kepala migrain. Jika rentan terhadapnya, tutupi jendela dengan tirai anti tembus pandang pada siang hari. Kenakan kacamata hitam di luar ruangan. Anda juga dapat menambahkan layar anti-silau ke komputer.

Cobalah untuk Tidak Mengunyah

Mengunyah permen karet tidak hanya melukai rahang tetapi juga kepala. Hal yang sama berlaku untuk mengunyah kuku, bibir, bagian dalam pipi, atau benda lainnya.

Hindari makanan yang renyah dan lengket, dan pastikan memakannya sedikit. Jika menggemeretakkan gigi pada malam hari, tanyakan kepada dokter gigi tentang pelindung mulut. Ini dapat meredakan sakit kepala pada pagi hari.

Add a Comment