Pernah Mengalami? Kenali Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

nyeri dada sebelah kiri

PrimaBerita – Nyeri dada sebelah kiri terkadang kerap dikaitkan dengan serangan jantung. Namun kondisi ini sebenarnya bisa terjadi karena masalah kesehatan lain.

Mungkin anda pernah mengalami sakit dada pada bagian sebelah kiri. Nah jika itu terjadi karena serangan jantung maka memerlukan bantuan darurat dan penanganan medis secepat mungkin. Jadi penting sebenarnya mendeteksi penyebab timbulnya sakit dada sebelah kiri.

Beberapa Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

  1. Angina

Angina merupakan kondisi semakin menyempitnya arteri ke jantung sehingga aliran darah menjadi tidak normal mengalir. Jika mengalami hal ini biasanya akan merasakan:

  • Sesak nafas
  • Nyeri perut bagian bawah yang mirip gangguan pencernaan
  • Tubuh terasa sangat lelah atau kelelahan
  • Mual
  • Sakit dada sebelah kiri yang menyebar ke lengan kiri, leher, hingga rahang atau punggung

Melansir dari Alodokter, sakit dada karena angina terjadi setelah melakukan aktivitas fisik yang mendorong jantung bekerja lebih keras. Namun dapat mereda setelah penderitanya mengistirahatkan tubuh selama beberapa menit.

  1. Masalah Pada Paru-paru

Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru atau pneumonia dan juga peradangan selaput di sekitar paru. Salah satu gejala yang bisa terjadi yaitu sakit dada sebelah kiri. Akan semakin terasa saat bernafas. Biasa yang menjadi penyertanya yaitu batuk atau nafas yang terengah-engah.

  1. Gangguan Pada Saluran Pencernaan

Gangguan pada saluran pencernaan yang bisa menyebabkan sakit dada sebelah kiri mungkin terjadi karena adanya penumpukan gas dalam usus dan GERD. Sehingga akibat penumpukan tersebut menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada dada. Sebagai penyertanya biasanya akan merasakan perut kembung, sendawa, serta sering kentut.

  1. Serangan Jantung

Gejala yang bisa dirasakan ketika timbul sakit dada akibat serangan jantung dapat berupa pusing, keringat dingin, mual, muntah, sesak nafas, batuk atau mengi, serta rasa cemas yang luar biasa. Selain itu ada pula gejala dengan nyeri yang menjalar dari dada ke lengan bagian kiri, punggung, rahang, serta leher.

Penyebab serangan jantung bisa terjadi saat aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Nah jika dada sebelah kiri yang terasa sakit maka dada rasanya seperti tertekan atau tertindih.

Add a Comment