Penyebab Hilang Ingatan (Amnesia) dan Kapan Harus ke Dokter

penyebab hilang ingatan

PrimaBerita – Amnesia atau hilang ingatan adalah sebuah gangguan yang menyebabkan seseorang sulit untuk mengingat segala sesuatu oleh karena penyebab tertentu. Masalah ini akan membuat seseorang lupa akan fakta, informasi, maupun kejadian yang pernah dialami sebelumnya. Sehingga dengan adanya gangguan semacam ini bisa sampai membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Adapun gangguan daya ingat ini bisa bersifat ringan dan berat, sementara atau permanen, serta kehilangan sebagian informasi ataupun seluruhnya. Meski demikian jika seseorang sudah mengalami hal seperti ini sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli.

Mengutip dari Alodokter, amnesia sering dikaitkan dengan demensia. Demensia sendiri juga merupakan sebuah kondisi yang menganggu daya ingat seseorang. Akan tetapi secara keseluruhan kondisinya tidaklah sama. Umumnya penderita demensia akan mengalami gangguan daya ingat yang sekaligus dengan penurunan fungsi kognitif.

Penyebab Amnesia

Amnesia atau hilang ingatan dapat terjadi akibat kerusakan pada bagian sistem limbik otak. Nah kerusakan pada sistem limbik bisa penyebabnya karena kondisi berikut ini.

  1. Cedera pada kepala, misalnya karena kecelakaan
  2. Penyakit otak degenaratif (penyakit alzheimer)
  3. Ensefalitis (peradangan otak)
  4. Tumor otak
  5. Stroke
  6. Trauma psikologis
  7. Kejang
  8. Penurunan pasokan oksigen pada otak
  9. Kebiasaan mengonsumsi minuman keras dalam jangka waktu yang lama
  10. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Menurut Alodokter, untuk mengetahui penyebab hilang ingatan dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti:

  • Tes kognitif
  • Tes darah
  • MRI atau CT Scan
  • Elektroensefalogram

Lihat Juga: Zodiak yang Memiliki Ingatan Yang Tajam, Jangan Coba Menipunya

Ketika berkonsultasi dengan dokter, dokter biasanya akan menanyakan keluhan penurunan dan kehilangan daya ingat pasien. Bahkan dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan dan obat-obatan yang pasien konsumsi.

Mungkin penderita amnesia akan kesulitan menjawab pertanyaan dokter. Maka untuk mencari solusinya dokter akan melakukan tanya jawab terhadap anggota keluarga maupun kerabat dekat pasien.

Lakukan pemeriksaan sejak awal demi mengetahui penyebab dari keluhan penderita. Misalnya ketika anda sudah mulai mengalami penurunan daya ingat terlebih ketika sudah sampai menganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika mengalami hilang ingatan yang secara tiba-tiba.

Add a Comment