Manfaat Jeruk Sunkist, Salah Satunya Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat buah sunkist

PrimaBerita – Jeruk Sunkist merupakan satu dari sekian banyaknya buah yang mengandung vitamin dan manfaat bagi tubuh. Sitrus yang satu ini memiliki ciri-ciri berukuran lebih besar dari jeruk mandarin dengan kulit jeruk yang berwarna jingga cerah dan tebal.

Jeruk Sunkist sering menjadi jeruk potong karena lebih mudah dipotong menggunakan pisau daripada mengupas dengan tangan. Untuk jenisnya, jeruk ini terbagi atas 2 jenis yaitu jeruk Sunkist navel dan jeruk Sunkist valencia.

Melansir dari SehatQ, per 154 gram jeruk sunkist navel mengandung jumlah nutrisi seperti:

  • 80 kalori, 3 gram serat, 19 gram karbohidrat
  • 6% kalium, 4 gram kalsium, serta 10% asam folat
  • 90% vitamin C
  • 14 gram gula dan 1 gram protein

Sedangkan per 154 gram jenis sunkist valencia terdapat nutrisi:

  • 90 kalori, 2 gram serat, dan 20 gram karbohidrat
  • 4% kalsium, 6% kalium, 20% asam folat
  • 70% vitamin C
  • 15 gram gula serta 2 gram protein

Oleh karena banyaknya kandungan nutrisi tersebut maka jeruk sunskist sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh supaya lebih fit. Perhatikanlah manfaat mengonsumsi buah sunkist berikut ini.

Manfaat Jeruk Sunkist

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat jeruk sunkist bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya serat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Sitrus yang satu ini tidak mengandung natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Namun sebaliknya, sitrus ini mengandung kalium yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk merelaksasi pembuluh darah.

  1. Menghalau Radikal Bebas

Dengan mengonsumsi buah sunkist secara rutin maka anda sudah bisa menghalau pembentukan radikal bebas. Dengan demikian hal ini akan menurunkan resiko kanker, penuaan, maupun penyakit kardiovaskular akibat radikal bebas.

  1. Mencegah Batu Ginjal

Anda yang tidak ingin terkena batu ginjal sebaiknya rutinlah menerapkan perilaku hidup sehat dan rajin mengonsumi buah-buahan seperti jeruk sunkist setiap hari. Kandungan asam sitrat serta citrates baik untuk mencegah penyakit batu ginjal.

  1. Mencegah Anemia

Anemia menjadi sebuah tanda bahwa tubuh sedang kekurangan sel darah merah. Jadi dengan mengonsumsi sunksit yang memiliki kandungan vitamin C dan asam sitrat dapat membantu anda meningkatkan penyerapan zat besi.

Add a Comment