Hari Palang Merah Internasional, Berikut Fakta Menariknya

Hari Palang Merah Internasional

PrimaBerita – Tanggal 8 mei menjadi peringatan Hari Palang Merah Internasional. Namun ternyata tanggal 8 mei bukan hanya sebagai peringatan Hari Palang Merah Internasional saja melainkan juga peringatan Hari Bulan Sabit Merah Sedunia.

Adapun tema peringatan hari palang merah tahun ini yaitu ‘together we are unstopable’ atau ‘bersama kita tak terkalahkan’. Untuk tahun ini, Palang Merah Internasional merayakan perjalanan panjangnya dalam menuntaskan berbagai misi kemanusiaan selama berpuluh-puluh tahun.

Menurut sumber, peringatan pertama terjadi pada tahun 1948. Bergerak dari tahun tersebut, setiap 8 akhirnya menjadi peringatan Palang Merah Internasional secara resmi. Peringatan pun berlaku pada 188 negara, termasuk Indonesia.

Fakta-fakta Menarik Tentang Palang Merah Internasional

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat 4 fakta menarik dari Peringatan Palang Merah Internasional.

  1. Bermula pada Tahun 1859

Melansir dari laman pmimedan.or.id, sejarah lahirnya Palang Merah Internasional bermula saat tahun 1859 pada kota Solferino, Italia Utara. Kala itu pasukan Italia dan Prancis tengah bertempur melawan pasukan Austria. Lantas pada waktu itu, Henry Dunant, seorang negara Swiss terjebak ke kota itu saat melakukan perjalanannya untuk menjumpai Napoleon III.

Dunant menyaksikan ngerinya medan perang sewaktu itu hingga akhirnya sempat bergerak membantu memberikan pertolongan. Hal ini karena puluhan ribu korban tidak mampu ditangani oleh pasukan medis militer.

  1. Penghargaan Nobel Perdamaian

Sumber lainnya menyebut Palang Merah memenangkan 3 kali penghargaan nobel perdamaian. Bukan hanya itu Henry Dunant juga sempat memenangkan penghargaan pada tahun 1901.

  1. Banyak Relawan

Tercatat ada lebih dari 90 juta sukarelawan yang tergabung ke dalam komunitas Palang Merah Internasional. Lebih menariknya lagi, sebagian besar berasal dari kawula muda dengan jumlah perbandingan pria dan wanita yang seimbang.

  1. Lambang Paling Dikenali

Simbol Palang Merah menjadi lambang internasional yang mudah orang-orang kenali. Simbol tersebut muncul sejak tahun 1864 dan menjadi tanda pelindung bagi anggota kesatuan medis militer.

Itulah sederet fakta menarik tentang Palang Merah Internasional.

Lihat Juga: Sejarah Hari Ibu Dan Perkembangannya Di Masa Kini

Add a Comment