Gejala dan Cara Menghilangkan Kulit Kapalan

Gejala dan Cara Menghilangkan Kulit Kapalan

PrimaBerita – Kulit kapalan sering menimbulkan rasa tidak nyaman, oleh sebab itu penting mengetahui cara menghilangkan kulit kapalan. Bahkan kulit kapalan bisa membuat gatal. Meski demikian kulit kapalan sebenarnya bukan menjadi masalah kesehatan yang serius. Tetapi tetap perlu ditangani terlebih ketika disertai rasa nyeri.

Secara umum kulit kapalan ditandai dengan kulit yang menebal dan mengeras. Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kapalan. Contohnya karena tidak memakai kaus kaki atau menggunakan sepatu yang berukuran lebih besar atau kecil.

Melansir dari alodokter, berikut ini terdapat ragam gejala kapalan.

  • Area kulit mengeras atau menebal
  • Timbul rasa nyeri atau tidak nyaman
  • Muncul benjolan kecil
  • Kulit terlihat kering dan mudah mengelupas
  • Kulit menjadi kemerahan dan lecet

Nah untuk menghilangkan kulit kapalan, ada cara yang bisa anda lakukan. Anda bisa pergi ke dokter. Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap anda dan merekomendasikan beberapa jenis penanganan sesuai dengan kondisi yang anda alami.

a. Tindakan Mengikis Kapalan

Mengutip dari laman alodokter, dokter dapat menghilangkan benjolan atau kulit yang menebal dengan pisau bedah. Oleh karena itu jangan sekali-sekali anda mencoba menghilangkan kapalan sendiri untuk mencegah terjadinya infeksi.

b. Plester atau Gel Penghilang Kapalan

Dokter juga nantinya dapat memberikan plester atau gel dengan kandungan asam salisilat sebanyak 40% kepada anda. Kemudian dokter juga akan memberi tahu informasi tentang seberapa sering plester perlu anda ganti. Sebelum menempelkan plester, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kapalan guna melenyapkan kulit mati.

c. Sisipan Sepatu

Selain cara tersebut, cara lain yang dapat dokter lakukan untuk mengatasi kapalan yaitu memberikan bantalan atau sisipan khusus pada sepatu. Tapi cara ini umumnya karena ada kelainan bentuk kaki.

d. Operasi

Operasi juga termasuk langkah yang boleh dilakukan bila kapalan disebabkan oleh bentuk tulang yang tidak lurus. Baik tulang kaki maupun tulang tangan. Namun walaupun demikian kasus ini sebenarnya masih sangat jarang terjadi.

Baca Juga: Tips Sederhana Menghilangkan Bau Mulut

Add a Comment