Cara Ampuh Untuk Berhenti Merokok, Ayo Lakukan Mulai Sekarang!

cara berhenti merokok

PrimaBerita โ€“ Cara untuk berhenti dari kecanduan merokok sebenarnya mudah dilakukan. Anda bisa memulainya dari niat, kemudian menemukan alasannya. Dengan demikian berbagai hal untuk menghentikan kebiasaan merokok bisa anda lakukan dengan baik.

Ada beberapa tahapan atau cara yang bisa anda lakukan untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Berikut rangkumannya untuk anda ketahui.

  1. Temukan Alasan

Jika anda ingin melakukan sesuatu yang sulit, cobalah untuk mulai dengan pertanyaan โ€˜kenapaโ€™. Karena ketika anda sudah punya alasan yang kuat dan personal untuk lepas dari kebiasaan merokok, anda tidak akan mudah menyerah. Oleh sebab itu penting menemukan alasan yang sangat tepat untuk anda berhenti dari kebiasaan merokok.

  1. Temukan Support System yang Mendukung Anda

Untuk melewati masa ini anda harus memiliki support system dari sekitar anda. Entah itu pasangan, teman dekat, ataupun keluarga. Beritahukan kepada mereka terkait niat anda berhenti merokok. Bila perlu berkonsultasi juga denga dokter untuk melakukan hypnosis atau meditasi.

  1. Jaga Mood

Jika anda menganggap membiasakan lepas dari rokok adalah hal yang sangat sulit maka coba lakukan hal-hal yang menyenangkan agar lupa terhadap nikotin. Jaga selalu mood dan rajin berolahraga. Atau anda bisa pergi ke lokasi favorit dan mendengarkan musik. Jika masih terasa kurang, kunyah permen karet.

  1. Bersihkan Rumah

Buang semua sampah puntung rokok. Simpan juga sejauh mungkin asbak anda. Kemudian bersihkan sofa, gorden, dan juga karpet. Semprotkan pewangi ruangan untuk membuat rumah lebih menenangkan dan beraroma.

  1. Aktif Bergerak

Aktiflah bergerak untuk mendukung program anda. Tidak harus melakukan aktivitas olahraga berat tetapi anda bisa membuat target. Misalnya setiap kali anda ingin merokok maka lakukan saja berjalan kaki sejauh yang anda mampu.

  1. Banyak Makan Sayur dan Buah

Ketika hasrat muncul lagi untuk merokok, sebaiknya perbanyak makan buah dan sayur. Anda bisa menjadikan buah-buahan anda sebagai camilan.

  1. Berikan Hadiah

Ketika anda sudah mencapai target lepas dari aktivitas merokok maka tidak ada salahnya memberi hadiah kepada anda sendiri. Contohnya barang membeli barang favorit sebagai hadiahnya.

  1. Ingat Manfaat Berhenti Merokok

Ingatlah manfaat berhenti merokok. Hanya 20 menit anda berhenti merokok, denyut jantung akan kembali normal. Bahkan setelah 2 atau 3 minggu lepas dari rokok, anda juga telah menurunkan resiko serangan jantung.

Add a Comment