Berbagai Jenis Makanan yang Berkalori Tinggi

makanan yang berkalori tinggi

PrimaBerita – Makanan yang berkalori tinggi sebenarnya banyak. Namun bukan hanya dari makanan, asupan kalori tinggi juga bisa didapat dari minuman. Hanya saja perlu pertimbangan yang baik saat mengonsumsi asupan-asupan yang mengandung banyak kalori.

Pasalnya mengonsumsi kalori secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan. Terkecuali bagi orang yang sedang program menaikkan berat badan, mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Oleh karena itulah kebutuhan kalori setiap orang memerlukan penyesuaian yang baik.

Daftar Makanan yang Berkalori Tinggi

Setiap orang membutuhkan kalori yang berbeda-beda tergantung usia, berat badan, gaya hidup, bahkan jenis kelamin. Bagi orang dewasa, rata-rata kebutuhan kalori berkisar antara 2.000 hingga 3.000 kalori per hari. Bentuk makanan yang mengandung banyak kalori yaitu:

  1. Kacang-kacangan

Jenis makanan yang pertama yaitu kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang-kacangan yakni kacang kenari memiliki total kalori mencapai 185 kalori untuk setiap 25 gramnya. Namun kacang almond, kacang mede, kacang tanah juga sebenarnya bisa dikonsumsi untuk menambah asupan kalori.

  1. Nasi Putih

Nasi putih menjadi makanan yang kaya akan kandungan kalori. Makanan wajib masyarakat Indonesia ini mengandung sekitar 240 kalori/setiap mangkuk kecil. Secara umum, setiap hari orang mengonsumsi nasi sebanyak 3 kali.

Baca Juga: Camilan Sehat Ini Bisa Menaikkan Berat Badan Anda

  1. Alpukat

Siapa yang tidak kenal akan buah yang satu ini? Buah yang memiliki aroma khas dan bertekstur lembut ini kerap menjadi bahan membuat minuman. Terkenal dengan lemak yang sehat, alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi. Per 1 buah alpukat matang berukuran sedang (sekitar 200 gram) terdapat 332 kalori.

  1. Buah Kering

Tidak seperti buah segar. Buah kering ternyata memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. Misal, 85 gram kacang kismis mengandung sekitar 260 kalori. Anda bisa membeli buah kering dari supermarket.

  1. Ubi Jalar

Makanan yang mengandung kalori tinggi selanjutnya yang bisa anda coba konsumsi yaitu ubi jalar. Ubi jalar berukuran sedang terkadung sekitar 180 kalori.

Add a Comment