Tips Untuk Memulai Bisnis Kedai Kopi

bisnis kedai kopi

PrimaBerita โ€“ Bisnis kedai kopi sekarang ini tengah diminati kaum milenial, bahkan sudah menjamur dimana-mana. Meski demikian peluang seperti ini masih akan terus terbuka lebar.

Tentu hal ini tidak terlepas dari kecintaan masyarakat Indonesia akan minuman kopi. Selain itu Indonesia juga termasuk sebagai produsen kopi berkualitas. Oleh karena itu ada banyak jenis kopi yang siap menemani aktivitas harian masing-masing orang.

Bahkan sebuah riset dari pusat data dan sistem informasi pertanian Kementan RI menyatakan bahwa konsumsi kopi pada tahun 2016 โ€“ 2021 tumbuh sebanyak 8,22% per tahun. Jadi dapat dikatakan bahwa orang Indonesia memang gemar minum kopi.

Lantas jika anda sedang ingin menjalankan bisnis dan memilih membuka kedai kopi sebagai jalan bisnis anda, maka cobalah terapkan beberapa tips. Tips-tips berikut ini dapat membarikan anda peluang lebar.

Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi

  • Siapkan Konsep Bisnis

Business plan harus matang. Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang perlu anda jawab. Misalnya tujuan membuat warung kopi dan keunikan yang hendak anda tonjolkan. Lakukan juga perhitungan untuk perkiraan modal dan bagaimana cara untuk mendapat keuntungan. Ini membantu anda mengarahkan usaha dengan baik.

  • Tentukan Target Pasar

Kemudian tentukan target pasar. Siapa yang menjadi pelanggan/sasaran anda? Jika anda ingin menarik lebih banyak kaum milenial maka anda bisa membuat menu kopi kekinian yang lengkap dengan aneka pastry. Buat suasana ruangan lebih cheerful. Tapi jika kedai kopi lebih ditujukan untuk meeting orang kantor maka anda bisa menyesuaikannya dengan varian the atau penggunaan ornamen kayu.

  • Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis dapat menggaet lebih banyak pelanggan. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan jalan raya, kantor, pusat perbelanjaan, bahkan sekolah/universitas. Cari lokasi yang lebih sering terlewati kendaraan.

  • Interior dan Eksterior yang Menarik

Dekorasi interior dan eksterior memang hanyalah pemanis untuk usaha anda. Namun ini bisa menjadi kemudahan bagi anda untuk menarik lebih banyak pengunjung. Ciptakan kedai kopi yang nyaman dan tidak membosankan. Tambahkan sedikit sentuhan-sentuhan spot foto yang instagramble.

  • Barista yang Tepat

Memilih barista yang sudah berpengalaman adalah cara jitu untuk memulai bisnis warung kopi. Atau cari barista yang terkenal dengan kemampuannya meracik kopi. Tentukan mana yang menurut anda lebih tepat.

  • Promosi Media Sosial

Selain itu jangan lupakan media sosial. Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana memperkenalkan kedai kopi anda kepada publik. Kenalkan juga produk-produk unggulan anda.

  • Pelajari Pengetahuan Pembukuan dan Keuangan

Pengetahuan tentang pembukuan dan keuangan penting sekali untuk anda pelajari dalam memulai usaha. Tapi jika anda memilih anggaran lebih maka bisa mempekerjakan seorang akuntan untuk usaha warung kopi anda.

Add a Comment